banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan
Berita  

BI Dukung UMKM ke Pasar Global dengan Tiga Langkah

 

Pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia 2018-Foto:Laras Post,.

JAKARTA—Gubernur Bank Indonesia Perry Wariyo mengungkapkan, BI akan menerapkan tiga langkah pendekatan untuk mendorong para pelaku UMKM untuk bersaing ke pasar global.

“Tiga langkah itu yaitu, UMKM langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri, kedua, menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha lebih besar (eksportir). Terakhir, menghubungkan UMKM dengan desainer yang telah memiliki pasar internasional,” ujar Perry saat membuka Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 di Hall A Jakarta Convention Center, Jumat (20/7).

Tiga langkah ini  akan  membuka UMKM  memiliki segmen pasar baru di pasar global, sekaligus menunjukkan besarnya potensi sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Perry mencontohkan,  beberapa UMKM binaan BI mampu memasarkan produknya ke Asia, Amerika, Eropa, dan Timur Tengah.

“Para pelaku UMKM itu  juga bekerja sama dengan para desainer untuk lebih mendorong potensi, meningkatkan daya tambah dan memperkuat perluasan pasar secara nasional dan global,”  ucap dia lagi.

Pameran KKI 2018  diresmikan oleh Ibu Negara, Ibu Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Pengunjung pameran  disuguhkan ragam produk kerajinan UMKM, kuliner nusantara, dan peragaan karya kreatif kain olahan UMKM binaan Bank Indonesia bekerja sama dengan desainer nasional.

Dalam pameran, juga akan digelar talkshow mengenai strategi menembus pasar global. Terdapat juga pojok konsultasi UMKM untuk memberikan wawasan yang lebih luas bagi pelaku dan rintisan UMKM. Pameran berlangsung tiga hari sejak 20 hingga 23 Juli 2018 (van).

 

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id