dokter keuangan
pasang iklan media online

Jelang Lebaran Bapanas Perpanjang Masa Stok Pangan

 

Ilustrasi-Foto: Jurnal Jabar.

Peluang News, Jakarta – Jelang lebaran Bapanas perpanjang stok pangan. Hal itu diungkapkan Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) Rachmi Widiriani, Senin (1/4/2024).

Lebih lanjut Rachmi menjelaskan saat ini telah tersedia 30 cold storage supaya komoditas selain beras seperti cabai, daging, hingga bawang merah yang memiliki masa waktu simpan pendek dapat diperpanjang.

“Untuk komoditas yang variabel tadi memang waktu simpannya pendek jadi Bapanas saat ini sudah meletakkan 30 alat untuk memperpanjang masa simpan untuk bawang merah, cabe dan untuk memperpanjang masa simpan daging-dagingan jadi ada Air Blast Freezer (ABF) dan cold storage saat ini baru 30 titik sebetulnya,” kata Rachmi dalam temu media secara daring.

Selain itu Bapanas menjamin ketersediaan pangan merata dan tidak terpusat di satu titik. Ada fasilitas distribusi di badan pangan yang bekerja sama dengan Lementerian Perhubungan. Kerja sama ini sudah dilakukan sejak tahun 2023 yang mengoptimalkan penggunaan tol laut sehingga lokasi atau posisi bahan pangan itu sudah sebarannya merata.

“Kemudian yang kedua adalah ada kerja sama antar daerah jadi di Bapanas juga ada forum ke para kepala dinas provinsi kabupaten/kota untuk menginformasikan wilayah mana yang produksinya kurang. Sehingga dapat segera diantisipasi,” ujar dia.

Bulog juga diharapkan supaya gudang-gudangnya yang ada di wilayah seluruh Indonesia bisa dimaksimalkan untuk stok beras.

“Selain itu Bulog dengan semua gudangnya yang ada di wilayah seluruh Indonesia ini juga dimaksimalkan untuk stok beras jadi barang stok beras juga merata di seluruh gudang Bulog,” ujar Rachmi. (Aji)