banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan

UKM Kreatif Bandung (23)  Busana Hadeeqo nan Anggun

Wilma Wulandari (paling kanan) bersama ibu dan kakaknya -Foto: Facebook.

BANDUNG—-Dalam bahasa Arab Hadeeqo mengacu pada arti kebun yang anggun.  Dalam Bahasa Sunda kata Hadee dan Ko artinya bagus kok.  Kalau dimaknai kepada produk busana muslimah, maka Hadeqo berarti busana muslimah yang cantik dan anggun.

Wilma Wulandari begitu yakin dengan brand Hadeeqo untuk busana muslimah produknya. Yang penting ada ciri khas bahwa busana rancangannya, yaitu warnanya kombinasi.  Perempuan kelahiran 1976 ini mengaku belajar merancang otodidak.

“Awalnya saya hanya reseller menjual produk sendiri dan membuat seragam berdasarkan pesanan. Usaha ini dimulai pada 2012 dan jatuh bangun. Akhirnya saya memberanikan diri terjun ke bisnis busana muslimah dengan pemasaran secara online (daring),” papar alumni sebuah sekolah tinggi tekstil di Kota Bandung ketika dihubungi Peluang, Kamis (16/8/2018).

Modal awalnya hanya Rp2 juta dan produk awalnya dijual Rp150 ribu per helai.  Omzet yang didapat diputar kembali untuk modal.  Naluri bisnisnya tepat,karena permintaan pasar pada busana muslimah juga besar.

Kini omzet tertinggi yang diraihnya bisa mencapai Rp40 juta per bulan, bahkan Rp50 juta pada Ramadan. Hanya  saja kalau sepi omzet tidak terlalu besar.  Rata-rata produk busana dijual Rp300 ribu.

Untuk display, Wilma menggunakan rumahnya di kawasan Pasir impugn.  Namun untuk workshop dia menggunakan jasa penjahit kira-kira satu kilometer dari rumahnya.

Ibu dari dua anak ini menyadari kalau pemain bisnis ini banyak. Itu sebabnya selain punya ciri khas rancangan dari warna, Wilma juga membidik  kaum ibu dengan badan gemuk sebagai salah satu segmen utamanya.  Yang penting sesuai foto bisnisnya: busana syari.

Varian produk dari hadeeqo ini diantaranya gamis, tunik, khimar, mukena, pashmina, kerudung segiempat, pallazo, dan rok panjang.

Produk Hadeeqo: warna kombinasi-Foto; Dokumentasi Facebook Pribadi.

“Ke depannya saya berharap bisnis saya berkembang dengan pesanan dalam partai besar. Adanya pameran juga menguntungkan UKM seperti saya. Pemkot Bandung cukup rajin memberikan info pada UKM seperti kami,” tutupnya (Irvan Sjafari).

 

 

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id