dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Minggu dan Senin Besok

Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Minggu dan Senin
Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Pada Minggu dan Senin Besok/Dok. Polri

Peluang News, Jakarta – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran atau Idulfitri 2024 akan terjadi pada Minggu (14/4/2024) dan Senin (15/4/2024).

Mengenai hal itu, Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan mengimbau agar para pemudik dapat menghindari puncak arus balik tersebut agar terhindar dari kepadatan.

“Jadi, jangan tunggu puncak arus balik. Kami mengimbau agar bisa menunda balik setelah itu atau pada tanggal 17, 18, 19 April 2024,” ujar Aan Suhanan di Jakarta, Sabtu (13/4/2024).

Selain itu, ia meminta agar para pemudik dapat segera memanfaatkan potongan harga tarif tol yang diberlakukan pada 17 hingga 19 April 2024.

Kemudian, ia juga mengajak agar para pegawai dari berbagai instansi untuk bisa menerapkan sistem work from home (wfh) jika memungkinkan.

“Silakan para pegawai mungkin kementerian, lembaga, swasta, yang mungkin bisa bekerja melalui rumah, work from home, itu bisa dilaksanakan,” katanya

Lebih lanjut, ia juga menekankan agar para pemudik dapat selalu memastikan kondisi kesehatannya.

Hal ini bertuhuan agar para pengendara tidak memaksakan diri untuk terus melaju atau berkendara apabila konsentrasi sudah berkurang dan merasa lelah selama perjalanan.

“Pastikan kesehatan dan stamina dalam keadaan prima selama perjalanan. Jika merasa lelah atau konsentrasi berkurang, maka sebaiknya istirahat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan,” ucapnya.

Aan menuturkan, para pengendara roda empat paling tidak harus istirahat setelah 4 jam perjalanan, sementara pengendara roda dua maksimal harus istirahat setelah 2 jam perjalanan.

“Sedangkan untuk angkutan umum itu masa kerja itu delapan jam. Kalau sudah delapan jam berarti pakai sopir cadangan. Ini teman-teman para pengusaha bus, travel, harus ada sopir cadangan,” tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi juga telah mengimbau agar para pemudik dapat segera memulai perjalanan balik pada Jumat (12/4/2024) atau Sabtu (13/4/2024) untuk menghindari kepadatan lalu lintas (lalin).

Menurutnya, arus balik pada dua hari tersebut dinilai masih relatif sepi dan tidak akan menimbulkan kepadatan karena mengingat puncak arus balik Lebaran diperkirakan akan terjadi pada H+3 dan H+4 Lebaran 2024.