dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Penambahan Perjalanan Jadi Solusi Whoosh Atasi Kepadatan Penumpang Saat Momen Idulfitri

Penambahan Perjalanan Jadi Solusi Whoosh Atasi Kepadatan Penumpang
Penambahan Perjalanan Jadi Solusi Whoosh Atasi Kepadatan Penumpang Saat Momen Idulfitri/Dok. Ist

Peluang News, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) atau Kereta Cepat Whoosh menyampaikan, pihaknya mengalami peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan pada hari Lebaran atau Idulfitri 2024.

Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, peningkatan ini didominasi oleh keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang maupun Tegalluar.

“Mengenai hal ini, KCIC sudah mengantisipasi peningkatan dengan memberikan penambahan 12 perjalanan per hari hingga 18 April 2024 nanti,” jelas Eva di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Ia mengungkapkan, peningkatan jumlah penumpang ini sangat terlihat sejak Rabu (10/4/2024) siang dan Kamis (11/4/2024).

Pasalnya, banyak penumpang yang langsung menggunakan Kereta Cepat Whoosh untuk bersilaturahmi bersama keluarga ataupun wisata dan berlibur ke kota Bandung dan sebaliknya usai melakukan Salat Idulfitri atau Salat Ied.

Bahkan, berdasarkan informasi, keberangkatan kereta dari Halim, pada Kamis (11/4/2024) pada pukul 07.55, 08.20, sampai dengan 12.00 terus dipadati.

“Okupansi pada jam favorit tersebut juga mencapai 80 sampai dengan 95 persen. Penjualan tanggal 12 April juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, yang di mana pada jam jam favorit itu sudah menunjukkan angka 85 persen,” jelasnya.

Adapun pada hari lebaran, KCIC mencatat bahwa Kereta Cepat Whoosh telah memberangkatkan sebanyak 26 ribu penumpang.

“Jumlah ini meningkat sekitar 30 persen jika dibandingkan dengan masa normal sebelum masa angkutan lebaran. Volume penumpang tersebut masih akan bertambah karena penjualan saat ini masih berlangsung secara online maupun offline,” tutur Eva.

“Bahkan, kepadatan itu terus terlihat dan terjadi di loket-loket dan mesin pembelian tiket untuk reservasi dan pembelian go show dengan 52 perjalanan per hari,” tambahnya.