
Peluang News, Jakarta – Penjualan mobil Suzuki mencatatkan kenaikan hingga 22% pada Mei 2024. Kenaikan penjualan mobil Suzuki ini dicatat oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) imbas dari meningkatnya pamor New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang.
Secara lebih spesifik, penjualan model hybrid bahkan mampu mendominasi sebesar 35% dari total penjualan mobil penumpang Suzuki di periode yang sama. Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori komersil pun memberikan angka positif sebesar 52% dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.
Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales Randy R. Murdoko menyatakan, persaingan pasar yang sehat dan kompetitif memacu Suzuki Indonesia untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan.
“Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Randy dalam keterangan resmi, yang dikutip Jumat (28/6/2024).
New XL7 memimpin penjualan mobil passenger dengan peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61%. Selain itu, di kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6%.
Masih menjadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70% dari total penjualan All New Ertiga. Dari catatan penjualan ini, terlihat bahwa kendaraan hybrid telah menunjukkan eksistensinya dengan mendominasi sebesar 43% dari total keseluruhan penjualan kendaraan passenger Suzuki Indonesia.
Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin market share tertinggi yaitu sebesar 65% di kategori sedan hatchback Indonesia pada bulan Mei 2024.
Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian masyarakat adalah Grand Vitara. Model tersebut mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Kedua mobil usungan Suzuki Indonesia yang mengisi rak produk stylish-modern ini semakin menarik minat masyarakat seperti yang aktif di perkotaan.
Selain kategori mobil penumpang, mobil komersil pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui komposisi penjualan mobil komersil yang mendominasi pada bulan Mei 2024, melainkan juga peningkatan penjualan hingga 26% jika dibanding bulan sebelumnya. (Aji)