dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Motivasi Terbaik Pemicu Inovasi Bisnis

Staf yang bahagia akan memancarkan aura positif bagi rekan-rekan di sekitarnya. Dan itu akan berdampak pada benefit yang diperoleh perusahaan. Membuat staf bahagia tidaklah sulit. Apresiasi ia atas kesungguhan dan kerja kerasnya.

DALAM sebuah perusahaan, para staf merupakan aset terpenting. Karena itu, banyak kita temui dalam literatur yang mengatakan bahwa sukses yang dihasilkan oleh para staf adalah awal keberhasilan perusahaan. Itu sebabnya, dibutuhkan tim yang terdiri dari para staf inovatif. Ini pondasi kuat untuk melahirkan sebuah inovasi bisnis.

Bagaimana cara menghasilkanya? Di sinilah peran menentukan seorang pemimpin. Sebagai pemimpin, anda wajib merangkul dan membantu orang-orang di sekitar anda untuk berkembang. Dua hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara memotivasi mereka untuk konsisten melakukan hal yang terbaik. Berikut ini tiga cara motivasi untuk membantu staf anda terus melahirkan inovasi bisnis.

 

Fleksibilitas.

Analoginya, beri mereka alat pancing dan tunjukkan cara alat itu bekerja, maka mereka akan memiliki kesempatan untuk bereksplorasi bagaimana mengumpulkan ikan sebanyak-banyaknya. Dengan keleluasaan yang mereka dapatkan, para staf akan terpicu untuk melakukan inovasi bisnis. Bahkan (mungkin saja) melakukan hal yang sebelumnya belum pernah terpikirkan oleh anda.

Bagi para staf terbaik, sebuah kesempatan untuk berimprovisasi akan dianggap sebagai peluang emas untuk berkembang. Sebuah kondisi yang bersentuhan langsung dengan kenyamanan jiwa. Sebagai pekerja yang haus akan tantangan, iklim semacam ini sangat ideal untuk mengoptimalkan potensi dan talenta mereka.

 

Transparansi. Staf terbaik akan bekerja keras dan berkomitmen lebih pada perusahaan ketika mengerti apa peran dan tugas mereka.

Suah merupakan rahasia umum, para staf tidak selalu mengetahui apa yang sebenarnya ada dalam pikiran pemimpin mereka. Di situlah pentingnya transparansi dalam lingkungan kerja. Mereka akan dengan mudah mengetahui apa esensi dalam visi perusahaan. Lalu, mereka akan dengan mudah memberi ide, kontribusi, bahkan inovasi bisnis yang dapat mendukung terwujudnya visi tersebut.

Cara motivasi yang satu ini akan sangat membantu mereka untuk mengerti apa yang sesungguhnya bisa mereka berikan untuk perusahaan. Intinya, suasana transparansi dapat membuat para staf merasakan rasa memiliki atau sense of belonging yang kemudian memudahkan mereka untuk lebih leluasa membuat perubahan bagi perusahaan ke arah yang lebih baik.

 

Menangkan hati mereka. Pekerja akan lebih produktif ketika mereka bahagia.

Untuk memberi motivasi penuh, pertama-tama seorang pemimpin harus memenangkan hati para stafnya. Tidak dapat dipungkiri, staf yang bahagia akan memancarkan aura positif bagi rekan-rekan di sekitarnya. Dan itu akan berdampak pada benefit yang diperoleh perusahaan dalam arti luas.

Membuat staf bahagia caranya mudah. Cukup berikan ia apresiasi atas kesungguhan dan kerja kerasnya. Itulah sesungguhnya cara implisit untuk mengatakan: “Anda merupakan aset yang berharga bagi perusahaan ini”. Sebuah studi menunjukkan, apresiasi tersebut tidak hanya membuat mereka bahagia, tetapi juga menambah kinerja sistem imun yang positif mdmelihara motivasi kerja seseorang.

Sangat baik, dan sangat disarankan, hindari pelit/sok gengsi dan ganti dengan kemurahan hati untuk mengucapkan satu kata sederhana: “terima kasih”. Dengan cara yang tampaknya remeh itu, para staf akan merasa dihargai keberadaannya, sehingga berpengaruh baik terhadap kesehatan.