dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza
Fokus  

Mandiri Healthcare Cetak Rekor Aset Terbesar

Dana kesehatan anggota dikelola secara transparan dan akuntabel. Hal ini berimbas pada meningkatnya kepercayaan anggota terhadap Mandiri Healthcare.

Di lingkup koperasi fungsional yang meliputi koperasi karyawan dan koperasi pegawai, Koperasi Kesehatan Pegawai dan Pensiunan Bank Mandiri atau lebih dikenal dengan Mandiri HealthCare menahbiskan koperasinya sebagai yang terbesar dalam pencapaian aset.

Pada 2016, Mandiri Healthcare membukukan perolehan aset sebesar Rp2,04 triliun, naik 15,53% dari 2015 Rp1,76 triliun. Jumlah aset ini merupakan yang terbesar dalam kelompok koperasi fungsional. Pertumbuhan aset tidak lepas dari perolehan Dana Kesehatan Pensiunan Anggota yang tumbuh sebesar 10,69% dari Rp1,47 triliun di tahun 2015 menjadi Rp1,63 triliun di tahun 2016.

Sementara itu, pendapatan usaha sebesar Rp135,50 miliar, naik 41,14% dari realisasi pendapatan 2015 sebesar Rp98,13 miliar. Kenaikan pendapatan ini diikuti dengan meningkatnya beban usaha menjadi Rp12,82 miliar dari 2015 yang sebesar Rp7,47 miliar.

Membirunya kinerja keuangan diikuti dengan meningkatnya kepercayaan anggota dimana jumlah anggota sebanyak 32.648 anggota, meningkat dari tahun sebelumnya 31.492 anggota.

Mandiri HealthCare merupakan solusi dana kesehatan saat usia senja bagi karyawan dan pensiunan Bank Mandiri. Ini tidak lepas dari fenomena dimana sebagian besar karyawan umumnya akan merasa gamang ketika memasuki masa pensiun. Saat produktivitas menurun biasanya kesehatan juga ikut melorot sehingga rentang mengganggu kondisi keuangan. Penderitaan semakin bertambah ketika mereka tidak memiliki tabungan hari tua yang mencukupi.

Mandiri Healtcare disiapkan secara serius mulai dari persiapan, operasional, sampai eksekusi klaim asuransi. Ini lantaran skemanya mengacu pada best practices yang berlaku di perusahaan-perusahaan tingkat global. Selain itu, pengelolaannya dilakukan secara transparan dan akuntabel serta didukung sistem teknologi informasi yang andal.

Dipilihnya badan hukum koperasi dalam mengelola program kesehatan  karena dinilai lebih fleksibel. Dengan semangat dari kita untuk kita, koperasi dipandang cocok dengan kebutuhan.

Dalam program kesehatan ini  setiap Pegawai Bank Mandiri yang merupakan anggota koperasi memiliki Individual Account masing-masing yang dapat dikelola secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan dana kesehatan pada masa pensiun.

Mandiri Healthcare yang didirikan pada 2011 ini menjadikan pegawai lebih tenang ketika memasuki usia pensiun. Kesehatan terjamin sehingga kesejahteraan pun tetap terjaga. Inilah yang didambakan semua pegawai saat masa senja.