banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan
Fokus  

Koperasi Fungsional dengan CSR Terbaik

Pelaksanaan CSR Koperasi Astra meliputi empat pilar yaitu pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan. Dalam berbisnis, mereka sama sekali tak bergantung pada kebesaran perusahaan induk.

 

MENGACU pada empat pilar CSR PT Astra International Tbk selaku perusahaan induk, Koperasi Astra secara konsisten melaksanakan tanggung jawab sosial (CSR). “Kami menjalankan agenda kegiatan CSR setiap tahun sebagai komitmen dari koperasi untuk peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat,” ujar Pongki Pamungkas, Ketua Umum Koperasi Astra.

Di bidang pendidikan dan kesehatan, CSR mereka meliputi pembangunan PAUD dan Posyandu di kawasan perumahan Klari Indah Permai Karawang, Jabar. Di bidang lingkungan dan kewirausahaan, disalurkan bantuan untuk anggotanya yang terdampak banjir. Selain membina bank sampah, sejak 2015, ada juga program kesejahteraan. Beasiswa anak anggota, dari SD hingga perguruan tinggi, terus meningkat. Pada 2016, total tersalurkan Rp6,05 miliar. Lalu, pengadaan uang muka rumah 772 unit untuk anggota. Lokasinya tersebar di Bekasi, Cikampek, Karawang, Cileungsi, Cikarang, dan Bogor.

Meski bernaung di bawah grup perusahaan besar yang memiliki  bisnis dari hulu hingga hilir, Koperasi Astra tidak menggantungkan usahanya pada bisnis sang induk. Istilahnya, lebih memilih berenang di lautan lepas daripada berburu di kebun binatang. Pilihan mencari bisnis secara independen terbukti tepat. Toh jumlah anggota terus bertambah. Lini usaha pun merambah ke segala sektor seperti properti dan gudang arsip.

Sepanjang 2016, jumlah simpanan tumbuh 24,2% dari Rp384,82 miliar menjadi Rp478,09 miliar. Kenaikan jumlah simpanan ini diikuti dengan meningkatnya jumlah rekening. Penyaluran pinjaman kepada anggota tumbuh 21%, dari Rp348,69 miliar menjadi Rp422,03 miliar.

Pertumbuhan jumlah simpanan dan penyaluran pinjaman berdampak terhadap kinerja keuangan Koperasi Astra. Pendapatan usaha naik 23,4% dari Rp82,59 miliar menjadi Rp101,91 miliar. Total  aset tumbuh 24,8%, dari Rp781,03 miliar menjadi Rp974,87 miliar. Sedangkan ekuitas meningkat 28%, dari Rp351,28 miliar menjadi Rp449,69 miliar.

Sejalan perkembangan kinerja keuangan yang menggembirakan, jumlah anggota KAI pun terus bertambah. Dari 4.334 anggota menjadi 77.030 orang. Ini menunjukkan kepercayaan anggota terhadap KAI yang terus membaik dan positif. Untuk membayar kepercayaan anggota, KAI terus mengembangkan pelayanan. Di antaranya, memperluas kerja sama kemitraan dengan Mobil 88 dan Shop&Drive bagi pemegang Kartu Anggota Koperasi Astra. Selain itu, koperasi ini juga membangun gudang arsip sebagai lini usaha yang baru.●(drajat).

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id