dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Gerbang Pembayaran Nasional

Bertransaksi secara non-tunai menggunakan kartu debit belakangan ini semakin menjadi tren berbelanja di masyarakat. Selama ini layanan tersebut disediakan oleh penyedia jaringan pembayaran global.

Untuk menjawab tingginya kebutuhan tersebut, pemerintah RI dan Bank Indonesia (BI) berinisiatif untuk menyediakan layanan jaringan pembayaran nasional yang diberi nama GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional. GPN merupakan sistem pembayaran jaringan domestik yang mengintegrasikan berbagai instrument dan kanal pembayaran secara nasional. Bank Indonesia menetapkan kebijakan GPN melalui interkoneksi Switching untuk mewujudkan interoperabilitas sistem pembayaran nasional.

Simpelnya, seluruh gerbang pembayaran non-tunai melalui berbagai jenis Bank yang beroperasi di Indonesia dapat diintegerasikan melalui satu sistem, sehingga menjadikan mesin EDC (Electronic Data Capture) dapat menerima transaksi dari berbagai jenis kartu bank berbeda yang memiliki logo GPN.

Dalam rangka mendukung kebijakan Bank Indonesia, Bank Bukopin menerbitkan Kartu Debit GPN Bukopin yang sudah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi.

 

Apa saja Manfaat GPN?

Tentu banyak manfaat yang dapat dirasakan masyarakat dari implementasi GPN. Mulai dari Kenyamanan, hingga Kemudahan bertransaksi dengan fitur dan layanan terstandarisasi.

Manfaat lain adalah Efisiensi. GPN memungkinkan dilakukannya haring infrastruktur, waktu, dan biaya transaksi.

Yang tak kalah penting adalah manfaat dalam Kemudahan Akses. Kanal pembayaran yang tersedia dapat memproses seluruh kartu.

Manfaat lain dari GPN adalah jaminan Keamanan Nasional. Sebab, pemroses transaksi di dalam negeri sehingga Penyimpanan data dan informasi transaksi otomatis lebih terjaga

 

Keuntungan GPN

Selain berbagai manfaat, nasabah juga akan mendapatkan banyak keuntungan dari GPN.

Keuntungan yang paling dapat dirasakan adalah Kemudahan dalam bertransaksi di seluruh EDC berlogo nasional (GPN) dari Bank manapun.

Selain itu, dengan jaringan tersebut pengambilan uang tunai dapat dilakukan di seluruh mesin ATM berlogo Bukopin, ATM Bersama, Prima, ataupun nasional (GPN)

Tak kalah penting, GPN Memberi keamanan dan kenyamanan kepada nasabah dalam bertransaksi karena Kartu Debit GPN Bukopin sudah menggunakan teknologi chip dan PIN online 6 digit.