banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan

Cara Sederhana Mengasah Kreativitas

Bila keputusan terbaik anda tidak berjalan sesuai harapan (rencana A), lanjutkan melangkah dengan rencana B. Anda harus menetapkan ukuran untuk mengetahui perkembangan pencapaian tujuan—cara untuk mengetahui bahwa anda meniti di jalur sukses.

 

BANYAK jalan menuju Roma. Banyak juga jalan untuk mengembangkan kreativitas diri, sebenarnya. Berikut 10 langkah sederhana yang bisa anda biasakan menjadi ‘konstruksi teoritis’ dala  keseharian menjalani bisnis.

Ubahlah cara berpikir dari negatif ke positif. Semakin positif kita mampu mengembangkan cara berpikir, semakin tumbuh rasa percaya diri dan optimisme dalam menghadapi permasalahan. Kreativitas anda biasanya akan makin terdorong mencari solusi atas permasalahan. Ketika menghadapi rintangan, biasakan  menyikapinya dengan lapang dada dan yakin, “Ya, ini kesempatan untuk menjadi lebih baik”.

Tulislah secara rinci situasi kesulitan imanensial yang anda hadapi. Lacak dan catat segala hal yang berkaitan dengan tantangan anda. Apa saja penyebab anda tertekan? Apa saja yang anda khawatirkan pada tahap selanjutnya? Kenapa anda tidak bahagia? Ini sama sekali tak ada hubungannya dengan berpikir negatif. Dengan menuliskannya, problem jadi terelaborasi dengan jelas, anda akan tertantang berpikir mencari jalan keluar.

Selalu bertanya. Jangan cepat puas dengan jawaban singkat. Latih dan biasakan untuk menjawab sebuah permasalahan atau pertanyaan dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya, ketika bisnis anda sedang menurun, selidiki kenapa, mengapa penjualan mengecil? karena semakin banyak kompetitor? atau kualitas produk anda di bawah standar? Dengan semakin banyak pertanyaan yang diajukan, pikiran akan bekerja makin giat mencari solusi.

Definisikan batasan, buat alternatif solusi. Diperlukan kemampuan mengidentifikasi apa saja yang menjadi batasan anda untuk menyelesaikan permasalahan. Selanjutnya, harus menemukan alternatif-alternatif solusi sesuai dengan batasan yang anda miliki.

Lakukan keputusan yang terbaik dari alternatif solusi yang anda buat.
Pilihkan keputusan yang terbaik setelah anda membandingkannya dengan alternatif lainnya.

Buatlah perencanaan berlapis. Bila keputusan terbaik tidak berjalan sesuai dengan harapan (rencana A), anda harus segera berlanjut dengan menerapkan rencana B.

Tetapkan satuan pengukuran dalam keputusan anda. Harus ada parameter pribadi yang jelas untuk mengetahui perkembangan pencapaian tujuan. Yaitu cara untuk mengetahui bahwa anda tetap melangkah di jalur sukses.

Menerima seluruh tanggung jawab dari keputusan yang telah dibuat. Anda harus berani menghadapi semua risiko dan hasil dari keputusan yang telah dibuat.

Tentukan deadline. Sangat penting menetapkan deadline untuk semua tujuan. Misalnya, jika tahun depan anda ingin berpenghasilan Rp120 juta/tahun, mesti di-breakdown apa saja yang perlu dilakukan tiap bulan, tiap hari, tiap jam, bahkan tiap menit untuk mencapai tujuan tersebut.

Anda harus bertindak. Ambil langkah, sibukkan diri, dan teruslah bergerak. Tentukan prioritas tujuan anda. Semakin cepat anda dan semakin jelas tujuan anda. semakin kreatif diri anda dalam mencapai tujuan anda. Anda juga akan semakin banyak memiliki energi dan waktu untuk belajar. Semakin banyak belajar semakin cepat anda dapat mengembangkan kapabilitas diri anda dan mencapai sesuatu yang lebih baik bagi masa depan anda.●

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id