banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan

Pemerintah Bantu Pembiayaan UMKM Melalui KUR

Peluang, Binjai – Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap, pelaku Usaha  Mikro, Kecil, dan  Menengah (UMKM) di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern di Sumatra Utara.    

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menginginkan, produk-produk UMKM Binjai dapat bersinergi dengan lokapasar melalui berbagai pelatihan, untuk meningkatkan kapasitas hingga akhirnya mampu merambah pasar digital.  

“Kami juga akan membantu melalui pembiayaan UKM antara lain, melalui kerja sama dengan perbankan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR),” ujar Zulkifli dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023).

Selanjutnya lanjut dia, pemerintah juga akan mendorong para UMKM dapat naik kelas melalui empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Keempat pilar tersebut melalui peningkatan daya saing dan mensinergikan UMKM, ritel modern, loka pasar,  dan perbankan dalam satu ekosistem. 

“Kami terus mendukung pengembangan UMKM melalui program empat pilar peningkatan daya saing UMKM. Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik.  Kami  harap  UMKM  Kota  Binjai  juga  dapat  bersinergi  dengan  ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota  Binjai,” ungkap Zulkifli.   

Sementara itu, Pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan, apresiasinya dan meminta dukungan pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM Kota Binjai.

“Kami mohon dukungan atas produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di   Kota Binjai semakin berkembang,” sebut Tan.

TAN  Collection  dan Kelompok  Rambutan  Binjai  sendiri  merupakan  salah satu  UKM  yang  bergerak di  bidang  fesyen  etnik.  Produk-produknya  meliputi tenun,  songket,  batik,  sulaman,  rajutan, kerajinan  tangan,  hingga  hantaran  pengantin.  Produk  TAN  Collection  telah  dipasarkan  di  sekitar Binjai  dan  Sumatra  Utara.  TAN  Collection  dan  Kelompok  Rambutan  Binjai  terbentuk  pada  2015, yang diinisiasi oleh Tan Darwania Makatita dan saat ini mempunyai jumlah anggota sebanyak 100 orang.  (alb)

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id