Kinerja Cemerlang Bikin SHU Koperasi Sekunder BMI Naik 266% di 2023

kinerja cemerlang bikin koperasi sekunder bmi
Presiden Direktur Koperasi BMI Grup Kamaruddin Batubara saat membuka RAT Kopsek BMI, Kamis (15/2/2024)/dok.ist

Peluang News, Tangerang – Kinerja cemerlang Koperasi Sekunder Benteng Madani Indonesia (Kopsek BMI) terungkap saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2023, kemarin, Kamis (15/2/2024). Hasilnya sangat menggembirakan karena Sisa Hasil Usaha (SHU) meningkat sebesar 266% dari tahun sebelumnya.

RAT Tahun Buku 2023 ini bertema Mengukuhkan Ideologi Berkoperasi Untuk Sejahtera Bersama, dihadiri oleh seluruh anggota Koperasi Primer. Sebagai informasi, Koperasi Sekunder BMI terdiri dari 3 koperasi primer yakni, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (Kopsyah BMI), Koperasi Konsumen Benteng Muamalah Indonesia (Kopmen BMI) dan Koperasi Jasa Benteng Mandiri Indonesia (Kopjas BMI).

Rangkaian RAT Tahun Buku 2023 pada koperasi primer di lingkungan Koperasi BMI Grup telah digelar 22-23 Januari 2024. Tema yang diusung koperasi primer pada gelaran RAT Koperasi Primer BMI bulan Januari lalu sama dengan tema yang diusung pada RAT Kopsek BMI kali ini.

RAT pada koperasi sekunder kali ini menegaskan kembali perlunya mengukuhkan ideologi berkoperasi. Terdapat tujuh nilai Ideologi Berkoperasi yaitu Solidaritas, Pemberdayaan, Peduli Sesama, Gotong – Royong, Kesejahteraan Bersama, Kemandirian, dan Kekeluargaan. Nilai ideologi tersebut diharapkan dapat menjadi pencetus dan semangat untuk sejahtera bersama.

Pada sambutannya, Kamaruddin Batubara yang merupakan Dirut Kopsyah BMI sekaligus Presiden Direktur Koperasi BMI Grup menyampaikan perlu adanya penguatan sinergi dari seluruh segi kebutuhan anggota. “Disiplin dan kecintaan terhadap Koperasi BMI Grup harus diperkuat, sehingga promosi harus terus kita lakukan” papar Pria penerima Anugerah HA IPB Award Tahun 2023 tersebut.

Istilah Koperasi BMI Grup sering digunakan untuk menyebutkan Koperasi Sekunder BMI, sehingga Kamaruddin Batubara sebagai Ketua Koperasi Sekunder BMI sering disebut dengan Presiden Direktur Koperasi BMI Grup dalam kapasitasnya sebagai pimpinan manajemen tertinggi di Koperasi Sekunder BMI.

Pria yang akrab disapa Kambara tersebut menegaskan pentingnya militansi seluruh elemen Koperasi BMI Grup. Sebab hanya melalui militansi seluruh elemen BMI akan terjadi sinergi yang optimal pada seluruh transaksi yang melibatkan koperasi dan anggotanya.

Agenda RAT Kopsek BMI TB 2023 juga melantik Wakil Ketua II Pengurus baru yang dalam hal ini merupakan perwakilan dari koperasi primer Kopjas BMI yaitu M. Taufik Hidayat. Pelantikan pengurus baru tersebut dilakukan oleh Pimpinan Sidang, Sondari.

Pada RAT TB 2023 ini, Ketua Pengawas Koperasi Sekunder BMI, Bambang Wahyudiono juga turut mempertanggungjawabkan kinerja Pengawas selama Tahun Buku 2023. Ia memaparkan perkembangan kinerja Kopsek BMI yang terus meroket. Kinerja cemerlang ditunjukkan pada pendapatan Tahun Buku 2023 naik sebesar 492% dari Tahun sebelumnya. Kinerja permodalan naik sebesar 25,5% dari Tahun 2022, SHU meningkat sebesar 266% dari Tahun sebelumnya.

Hal tersebut membuktikan kemampuan Kopsek BMI melaksanakan fungsinya sebagai pengubung dan fasilitator 3 koperasi primer di lingkungan Koperasi BMI Grup. Fungsi vital dari Kopsek BMI dengan perannya sinergitas 3 koperasi primer mampu meningkatkan akselerasi capaian kinerja dari 3 Koperasi Primer BMI yang menjadi anggota Kopsek BMI. (RO/Aji)

withdraw deposit tanpa ribet gak pake lama
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id