banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan

Hobi Buat Miniatur Boneka Baju Bodo, Nila Raup Rupiah

Miniatur Boneka Elfa’s Craft-Foto: Dokumentasi Pribadi.

MAKASSAR—Berangkat dari hobi, seorang ibu rumah tangga tiga anak bernama Andi Nila Kusuma akhirnya memutuskan terjun ke dunia bisnis.  Hobi itu adalah membuat boneka miniatur dan ternyata banyak peminatnya.  Bisnis ini dimulai sejak 2010 dan berjalan hingga sekarang dengan brand Elfa Craft, yang diambil dari nama anaknya.

“Ciri khas saya ialah membuat boneka miniatur dengan memakai baju bodo. Saya menetap di makassar dan karena ini merupakan salah satu pakaian adat di Sulsel, terutama suku Bugis dan Makassar adalah baju bodo.  Boneka dengan kostum baju bodo lah yang paling banyak dipesan oleh customer, bahkan sampai ke kota lain,” papar Nila ketika dihubungi Peluang, Jumat (7/9/2018).

Nila memulai usahanya dengan modal awal hanya bekisar 100 – 200 ribu rupiah  Dia tidak menstok bahan terlalu banyak. Untuk produksi Elfa’s Craft  hanya membuat boneka sesuai dengan pesanan saja.

“Karena memang awalnya hanya sebagai hobi,  tepatnya hobi yang dibayar,” kata dia.

Nila mengaku tidak pernah mencatat omzet secara rinci.  Namun kata dia, omzet tertinggi pernah diraih mencapai  12 juta rupiah sebulan, dan bersifat musiman.

Sekarang omzet rata-rata yang diraup Elfa’s Craft, rata-rata  tiga juta rupiah per bulan.

Andi Nila Kusuma dengan salah seorang anaknya-Foto: Dokumentasi Pribadi.

 

Nila mengaku membatasi orderan agar urusan bisnis dan keluarga bisa seimbang. Produknya dibandrol antara Rp50 ribu hingga Rp500 ribu.

“Saya mengerjakan semuanya hanya sendiri karena tidak punya karyawan.  Saya tidak berniat muluk-muluk, saya hanya bisnis ini berjalan stabil,” ucapnya (Irvan Sjafari)

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id