dokter keuangan
pasang iklan media online

Berlangsung Tiga Hari, FHTB Dihadiri 12.000 Pengunjung dan Hubungkan Ratusan Jaringan Bisnis di Dunia

Berlangsung Tiga Hari, FHTB Dihadiri 12.000 Pengunjung dan Hubungkan Ratusan Jaringan Bisnis di Dunia/Dok. Ist

Peluang News, Jakarta – Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2024 telah berjalan dengan baik dan lancar pada Rabu (6/3/2034) hingga Jumat (8/3/2024).

Dalam acara yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) ini, 12.000 trade visitors berhasil hadir, mencakup para pengusaha yang berada di bidang industri perhotelan (hospitality), F&B (makanan dan minuman) dan pariwisata (tourism) terkemuka di Timur Indonesia.

Sebagai Event Director FHTB 2024, Juanita Soerakoesoemah mengatakan, pameran ini telah berhasil menghubungkan lebih dari 400 pertemuan bisnis dalam 3 hari.

“Hal ini dapat mendukung peningkatan peluang bagi perusahaan dan pelaku usaha di sektor perhotelan, F&B dan pariwisata di Indonesia untuk memimpin bisnis masa depan yang berkelanjutan,” kata Juanita dalam keterangannya, Senin (1/4/2024).

“Selain menjadi jembatan bagi pertemuan bisnis, FHTB 2024 juga menjadi platform bagi pengunjung untuk belajar secara langsung dari para ahli dan professional, terutama mengenai tren dan inovasi terkini melalui beragam featured events,” sambungnya.

Ia menyatakan, pihaknya mengapresiasi keikutsertaan lebih dari 300 perusahaan exhibitor dari 23 negara yang banyak menghadirkan booth dengan mengedepankan sustainability.

Untuk itu, FHTB 2024 memberikan penghargaan Better Stands untuk Quality Works (Gold winner), Singabera Intrafood Indonesia (Sliver winner), dan Pineapple Furniture (Bronze winner).

Dalam ajang dua tahunan yang berlangsung selama tiga hari ini juga digelar berbagai acara pendukung, yang di antaranya yaitu pemecahan rekor MURI: 1000 cocktails dalam 10 menit yang diadakan oleh ABI (Asosiasi Bartender Indonesia), Promosi Minuman Lokal Nusantara Bittersweet Festival oleh Gerakan Komunitas Fermentasi Nusantara (FERMENUSA).

Kemudian, the Biggest Sommelier Events in Bali oleh ISA (Indonesia Sommelier Association) Bali Chapter, Indonesia Coffee Event (ICE) 2024, oleh SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia), serta berbagai Workshop Gelato oleh Lotus Food Services, Carpigiani & Embassy Chocolate.

Selain itu, kegiatan the 12th Salon Culinaire Chef’s Competition oleh BCP (Bali Culinary Professionals) juga kembali dihadirkan dalam FHTB 2024 ini.

Dengan berhasilnya pemecahan rekor MURI ‘1000 cocktails dalam 10 menit’ Direktur Operasional MURI, Jusuf Ngadri menyampaikan bahwa MURI sangat mendukung aksi pemecahan rekor yang sejalan dengan tujuan FHTB 2024 dalam mendukung perkembangan industri pariwisata Indonesia khususnya Bali.

Hal ini dikarenakan, menurutnya, melalui aksi pembuatan 1000 cocktails yang mengedepankan produk lokal Bali tersebut, maka para wisatawan asing dan pengunjung pameran dapat mencicipi cita rasa produk minuman lokal yang tak kalah saing dengan produk minuman internasional.

“Pemecahan rekor ini merupakan sebuah apresiasi penghargaan terhadap karsa dan karya yang sifatnya luar biasa, pertama atau superlative, dan terukur, dalam hal ini kuantitas dari 1000 cocktails yang disajikan dalam 10 menit, guna menunjukan profesionalisme dari para bartender yang mampu meraciknya dalam waktu singkat,” ujar Jusuf.

“Menjadi bagian dari pameran FHTB yang memiliki visi besar dalam mendukung arus wisatawan ke Bali, hal ini diharapkan dapat terus dilakukan ke depannya dengan varian berbeda untuk terus mengedepankan produk lokal agar semakin dikenal oleh dunia,” imbuhnya.

Sementara itu, Chairman Asosiasi Bartender Indonesia (ABI) Bali, Gede Ngurah Udayana, mengungkapkan bahwa pihaknya telah lama berkolaborasi dengan FHTB untuk melaksanakan kegiatan menarik.

Ia menjelaskan, kolaborasi ini seperti pada saat menggelar kompetisi Flairtending dan Mixology dan menginisiasi acara yang spesial dan spektakuler agar bisa tetap menghasilkan kebaruan dan keseruan lainnya.

“Pada aksi pemecahan rekor MURI kali ini, selain bartender professional, kami juga melibatkan banyak mahasiswa perhotelan yang sedang belajar tentang profesi bartender. Dari sisi mixology, kami juga melakukan coaching bagi para bartender agar acara ini berjalan lancar,” jelas Gede.

“Untuk itu, kami pun memberikan sertifikat dan hadiah menarik untuk 10 bartender terbaik, supaya makin semangat ikut ajang semacam ini,” lanjutnya.

Adapun acara ini pun sukses berkat adanya kolaborasi antara ABI, serta pihak-pihak lainnya, termasuk IFBEC Bali Chapter, Multifortuna, Bali Moon, dan Squeeze (PT Prima), yang juga didukung oleh Black Bull, Oro Tequilana, dan Cloud Seven.