Apapun Hasil Pilpres, Mahfud Akan Terus Perjuangkan Demokrasi dan Keadilan

bansos-itu-bantuan-negara-antaranews
Mahfud MD | Foto: AntaraNews

Peluang News, Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Bidang Hukum Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menekankan bahwa dirinya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan bangsa Indonesia apapun hasil Pilpres 2024.

Menurut Calon Presiden Nomor Urut 3 itu, jalan demokrasi dan keadilan bukan hanya lewat pemilu, karena pemilu hanya salah satu ekspresi dari demokrasi.

“Saya akan terus berjuang untuk demokrasi dan keadilan,” ujar Mahfud di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Sabtu (17/2/2024).

Dia kemudian menceritakan pengalamannya pasa 2014 hingga 2016 ketika dirinya tidak menduduki satu pun jabatan publik. Namun, Mahfud tetap produktif berjuang dalam demokrasi dan penegakan hukum.

Gerakan civil society dan kampus adalah sumber gerakan demokrasi dan perubahan dari otoritarianisme menuju demokrasi. Sejarah mengajarkan bila demokrasi disumbat, maka ia akan selalu membuka jalan sendiri.

“Ini sejarah kita maupun sejarah dunia,” ujar Mahfud, menegaskan.

Pemilu pada 14 Februari 2024 lalu, meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Sebanyak 18 partai politik nasional yang mengikuti pemilu. Yaitu PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Selanjutnya PKS, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, PAN, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Sebagaimana Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari sampai dengan 20 Maret 2024.

Hingga saat ini penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum atau real count masih berlangsung. Namun, dari hasil quick count Prabowo-Gibran memperoleh tertinggi dan hampir pasti sebagai pemenang alias capres-cawapres terpilih. []

withdraw deposit tanpa ribet gak pake lama
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id