dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Hasil Pemilu 2024 Akan Diumumkan KPU Malam Ini

KPU Umumkan Hasil Pemilu Malam Ini
Hasil Pemilu 2024 Akan Diumumkan KPU Malam Ini/Dok. Peluang News

Peluang News, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, hari ini, Rabu (20/3/2024).

Salah satu komisioner KPU, August Mellaz menyampaikan, pengumuman ini rencananya akan dilakukan usai buka puasa atau tepatnya pada malam ini.

“Ya, mungkin kalau waktu pengumuman itu definitifinya kemungkinan pasca. Kita ambil jeda sampai menjalankan ibadah puasa, ya waktu berbuka lah semacam itu,” kata Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Namun, ia menjelaskan, pengumuman tersebut akan dilakukan setelah KPU menyelesaikan hasil rekapitulasi dari dua provinsi yang tersisa dahulu.

Adapun kedua provinsi tersebut yaitu Provinsi Papua dan Papua Pegunungan.

“Sebenarnya dokumen-dokumen tersebut sudah kami periksa dan list dokumen sudah ada semua, tapi kan kita butuh waktu. KPU membutuhkan waktu untuk mencermati dokumen-dokumen yang dibutuhkan sebelum mengumumkan hasil Pemilu 2024,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan bahwa proses rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tingkat nasional akan selesai sebelum 20 Maret 2024.

Komisioner KPU RI, August Mellaz mengatakan, pihaknya menargetkan bahwa proses rekapitulasi itu dapat rampung pada Senin, 18 Maret 2024.

“Ya kalau target, kami malah ingin selesai sebelumnya. Apakah mungkin nanti di tanggal 18 Maret 2024,” ujar Mellaz di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Namun, pada akhirnya KPU masih membutuhkan waktu dan berencana akan mengumumkan hasil tersebut pada malam ini.

Sebagai informasi, batas akhir pengumuman hasil Pemilu 2024 oleh KPU ini jatuh pada pukul 23.59 WIB.

Dengan demikian, KPU harus segera mengumumkan hasil Pemilihan Umum tersebut sebelum waktu yang telah ditentukan.