dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Gunakan Video Teleconference, KSP Makmur Mandiri Raih Penghargaan MURI

Ketua KSP Makmur Mandiri Tumbur Naibaho (tengah) ketika mendapatkan penghargaan dari MURI-Foto: Irvan Sjafari.

KARAWANG-–Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Makmur Mandiri menerima penghargaan(Museum Rekor Indonesia) MURI  sebagai koperasi yang pertama yang menggunakan aplikasi berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dengan video teleconference.

Penghargaan itu diterima Ketua KSP Makmur Mandiri Tumbur Naibaho dalam acara Peringatan Hari Koperasi Indonesia ke 71 se-Provinsi Jawa Barat yang digelar di Kota Kerawang pada Jumat (27/7/2018).

“Puji syukur kepada Tuhan, ini prestasi buat kami dari KSP Makmur Mandiri. Mudah-mudahan penghargaan ini akan memberikan kami semangat untuk meningkatkan kinerja,” ucap Tumbur kepada Peluang seusai acara.

Menurut Tumbur  KSP Makmur Mandiri  sudah menyiapkan infrastrukturnya sejak enam bulan lalu. Pada Januari 2019 mendatang penggunaan teknologi ini sudah dijalankan bukan saja untuk Rapat Anggota Tahunan, tetapi juga pertemuan mingguan setiap cabang.

Pra Rapat Anggota Tahunan akan diselenggarakan pada Desember 2018 di setiap kantor cabang. Sementara pada pelaksanaan RAT tahun Buku 2018 direncanakan dipusatkan di Bekasi atau Karawang.

“Saat bersamaan RAT akan dikuti juga oleh para anggota di 24 lokasi dengan video teleconference, yakni di 16 Provinsi,” tutur Tumbur.

Lanjut dia, mengingat kantor cabang dan para anggota cabang paling banyak ada di Provinsi Jawa Barat, maka selain di Bandung juga dibuat di Sukabumi, Purwakarta, Depok/Bogor, Bekasi/Karawang, Cikarang, Cirebon. Demikian juga di Tangerang (Banten) dan Pematang Siantar (Sumatera Utara).

“Dengan dilaksanakan RAT melalui video teleconference ini diharapkan mampu membuat koperasi ini lebih dipercaya oleh para anggota. Sekaligus juga untuk efesiensi biaya dan waktu,” pungkasnya.

Dalam Peringatan HUT Koperasi ke 71 se-Provinsi Jawa Barat itu KSP Makmur Mandiri menggelar penggunaan teknologi itu. Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring bercakap-cakap dengan pelaku koperasi dari berbagai cabang KSP Makmur Mandiri  di sejumlah tempat di Indonesia.  Di antaranya dari Koordinator Wilayah KSP Makmur Mandiri Sumatera Utara dan Cabang di Denpasar.

Dalam sambutannya Meliadi menyatakan kekagumannya terhadap inovasi yang dilakukan KSP Makmur Mandiri.

“Ini pertama kali dilakukan sebuah koperasi dan ini bisa contoh bagi koperasi lain. Penggunaan teknolgi video teleconference akan memangkas biaya untuk Rapat Anggota Tahunan,” ucapnya (Van).