Menteri Pariwisata RI Arief Yahya-Foto: Istimewa.
JAKARTA—- Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) akan menggelar ajang Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) secara resmi untuk ke-tiga kalinya.
Ajang ini diikuti oleh seluruh pusat belanja di seluruh Indonesia, sejak 27 September 2018 hingga 27 Oktober 2018. Masyarakat Indonesia dapat menikmati aneka ragam kuliner khas daerah sekaligus berbelanja barang keperluan gaya hidup dalam ajang tersebut dengan berbagai tawaran diskon spektakuler.
WICSF 2018 akan secara resmi dibuka di Beachwalk Shopping Center, Bali pada 27 September 2018.
Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya menyambut baik kehadiran acara Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF)2018 ini.
Dia berharap bahwa sudah menjadi agenda tahunan yang telah masuk dalam 100 Calendar of Event Kemenpar RI 2018 dapat terus dilaksanakan guna menggairahkan sektor pariwisata yang sedang bertumbuh.
“Acara tahunan WICSF 2018 merupakan sebuah ajang strategis guna mendorong perekonomian, menaikkan angka transaksi kuliner belanja yang memberikan kontribusi kepada sektor pariwisata, yang terpenting juga mendatangkan wisatawan mancanegara dari negara tetangga terdekat,” ujar Arif, di Jakarta (18/9/2018).
Menurut dia banyak wisatawan mancanegara atau domestik yang menyusun agenda perjalanan yang fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja; oleh karena itu kehadiran acara WICSF sangat tepat dalam menjawab kebutuhan tersebut.
“Ke depannya khusus belanja perlu dimasukan program sinergi online dan offline sehingga dapat meningkatkan nilai transaksi secara signifikan,“ katanya.
Sementara itu Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja, Kementerian Pariwisata, Vita Datau Messakh mengatakan, kunci utama dalam mempromosikan wisata kuliner dan belanja adalah melalui festival.
“Festival ini di dalamnya terdapat atraksi yang menyuguhkan nilai otentisitas kuliner Indonesia dan produk-produk Indonesia yang terkurasi,” kata dia.
WISCF bukan saja menjadi sebuah destinasi wisata kuliner dan belanja selama festival berlangsung, melainkan mendorong konsumen belanja produk lokal yang sarat akan identitas kearifan lokal.
Dampaknya akan mendorong para pelaku UMKM untuk berlomba-lomba mengeluarkan produk produk berkualitas; mulai dari kain atau pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan seperti fashion Indonesia.
“Festival ini akan memberikan pengalaman berwisata terutama bagi wisatawan khususnya wisatawan mancanegara,” ucap dia.
Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival serentak digelar di 12 provinsi di Indonesia yaitu Jakarta, Pekanbaru, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Timur (van)