Peluang News, Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki telah meresmikan gelaran KUMKM Ramadan Fair 1445 Hijriah di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), hari ini, Senin (1/4/2024).
Dalam peresmian ini, ia mengatakan, gelaran ini merupakan acara rutin yang digelar oleh KemenKopUKM pada saat bulan puasa atau Ramadan.
Menurutnya, momen Ramadan dan Hari Raya ini merupakan waktu yang sangat baik bagi para pelaku KUMKM untuk terus menghasilkan produk-produk kebutuhan masyarakat yang inovatif.
“Untuk itu, selain menjadi ajang yang efektif untuk promosi dan pemasaran produk KUMKM, event ini juga sekaligus menjadi media bagi para pegawai dan masyarakat sekitar Kementerian Koperasi dan UKM untuk mendapatkan akses kebutuhan pokok dan kebutuhan lebaran yang berkualitas serta lebih mudah dan terjangkau,” ujar Teten.
Apalagi, dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran ini pasti akan menjadi peluang bagi para pelaku KUMKM untuk terus meningkatkan produk atau penjualannya.
“Jadi, kegiatan ini bisa memotivasi para pelaku KUMKM untuk terus membangun serta mengembangkan usaha. Sebab, pilar ekonomi nasional itu ada di UMKM,” ungkapnya.
Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Mikro KemenKopUKM, Yulius menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan KemenKopUKM yang bertujuan untuk memperluas jaringan pemasaran KUMKM di tanah air.
“Selain memperluas jaringan pemasaran usaha mikro, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan, menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1445,” jelasnya.
Sebagai informasi, kegiatan yang mengusung tema “Bulan Berkah, Belanja Murah, UMKM Sumringah,” ini akan digelar selama tiga hari, atau mulai hari ini, Senin (1/4/2024) hingga Rabu (3/4/2024).
Diketahui, rangkaian kegiatan yang terdapat dalam acara ini di antaranya yaitu bazar yang diikuti oleh sekitar 90 pelaku KUMKM dari berbagai sektor di Indonesia.
Adapun sektor-sektor tersebut di antaranya yaitu sektor fashion, kerajinan, kuliner, dan kebutuhan pokok.
Selain bazar, ada juga kegiatan Workshop yang meliputi Cooking Class Menu Lebaran, Make Up dan Hijab Muslimah, dan Pengemasan Hampers Lebaran.
Tak hanya itu, juga terdapat rangkaian kegiatan lain yaitu Kompetisi Hafiz Cilik, Da’i Cilik, Nasyid, dan Sosial Media Reels Contest.
Kemudian, juga terdapat kegiatan launching Gerakan Zakat Kementerian Koperasi dan UKM, santuan kepada para anak yatim dan dhuafa.
Lalu, kegiatan buka puasa bersama dengan Unit Deputi Bidang Usaha Mikro dan para peserta bazar, serta turut dimeriahkan oleh sejumlah Pentas Seni Budaya Islami.