Selain menyalurkan kredit, Kopdit Pintu Air juga menyediakan tenaga pendamping dalam mengembangkan usaha anggota.
“Melayani Dengan Hati” yang menjadi moto KSP Kopdit Pintu Air bukan hanya pemanis bibir namun diwujudkan dalam tindakan nyata. Salah satunya dengan menyediakan satu orang tenaga pendamping untuk mengembangkan usaha produktif anggota terpilih. Pendamping ini bertindak sebagai problem solver atas kendala yang dihadapi anggota.
Haji Asikin, anggota Kopdit Pintu Air Cabang Dompu merupakan salah satu anggota yang merasakan kehadiran tenaga pendamping tersebut. Ia memiliki bisnis peternakan unggas mencapai 500 ekor dan mendapatkan kucuran modal dari kopdit terbesar itu. Tenaga pendamping, katanya, sangat membantu terutama dalam mengatur keuangan bisnisnya.
“Berkat Kopdit Pintu Air, kami bisa mengembangkan usaha dan sudah meraup keuntungan untuk biaya hidup, sekolah anak, hingga tabungan,” ujar Asikin.
Kualifikasi tenaga pendamping yang disediakan bukan kaleng-kaleng karena sudah diberikan pelatihan khusus. Dengan begitu, saat bersama anggota dapat memberikan solusi jitu sesuai dengan masalah yang dihadapi.
Asikin berharap, Kopdit Pintu Air terus membersamainya dan juga anggota lain dalam pengembangan usaha. “Semoga Kopdit Pintu Air tetap menjadi payung bagi masyarakat kecil dan selalu berpihak kepada anggota,” ujarnya penuh harap.
Pada kesempatan berbeda, Ketua KSP Kopdit Pintu Air Yakobus Jano mengatakan pendampingan kepada anggota adalah perwujudan melayani dengan hati. “Kita tidak akan membiarkan anggota untuk sendiri, bahkan untuk pengembangan usaha. Setelah memberikan pinjaman modal usaha, pendamping hadir agar setiap kesulitan anggota dapat dicarikan jalan keluar bersama,” tegas Jano.
Untuk itu, Jano berharap seluruh pengelola Pintu Air dari Pusat hingga ke cabang dan Titik kumpul bisa terus mendampingi anggota. Dengan begitu anggota merasa dihormati dan dilayani secara bermartabat. Melalui komunikasi yang baik, nantinya anggota dapat menularkan hal baik kepada orang lain tentang pelayanan di Pintu Air.
Sementara Abdul Rahman Nau, Manajer Kopdit Pintu Air Cabang Dompu mengakui kecintaan anggota pada Kopdit Pintu Air semakin bertambah. Ini tidak lepas dari kerja timnya di lapangan yang berupaya memberikan layanan sepenuh hati. “Partisipasi anggota sangat baik dalam berkoperasi terlihat dari giatnya anggota memanfaatkan pinjaman untuk usaha modal pertanian, usaha bata merah, usaha ternak, kios sembako dan lain-lain,” pungkas Abdul Rahman.
Asikin menjadi salah satu saksi sejarah keseriusan pengelola Kopdit Pintu Air melayani anggota dengan sepenuh hati. Kesan positif yang kemudian ditularkan kepada anggota lain dan masyarakat itu dapat menambah kepercayaan terhadap Pintu Air. Seperti kata Jano kepada jajarannya, terus layani anggota dan jalin komunikasi dengan baik. (Kur).