dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Kemenkop UKM Sabet KORPRI AWARD 2018

Suasana Korpri Award 2018-Foto: Istimewa.

JAKARTA—-Untuk pertama kali Kementerian Koperasi UKM menyabet penghargaan KORPRI AWARD 2018 kategori Kementerian/Lembaga.  Penghargaan bergengsi di lingkungan aparatur pegawai negeri sipil (ASN)  itu  diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada  Meliadi Sembiring  selaku Ketua Dewan  Pengurus Korpri Kementerian Koperasi UKM Meliadi Sembiring pada peringatan hari jadi  Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-47 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Penerimaan award tersebut kata Meliadi Sembiring tidak hanya membanggakan, tetapi juga merupakan bukti bahwa  program internal dalam mengakomodasi kepentingan pegawai dinilai terbaik di antara  kementerian/lembaga lainnya.

“Ini Award pertama yang kami terima, dan akan menjadi pemicu bagi segenap pegawai di lingkungan Kemenkop UKM untuk berprestasi lebih baik lagi. Sebab mempertahankan keberhasilan ini akan lebih sulit ketimbang merebutnya,” ujar Meliadi yang juga Sekretaris Menteri Koperasi UKM.

Masih kata Meliadi,  penghargaan yang diraih lembaganya merupakan sebuah proses dan bukan hal yang tiba-tiba. Tim untuk hari Korpri sudah lama dipersiapkan, termasuk untuk KORPRI AWARD.

Selain program Rumah Balita yang dinilai sebagai terobosan, yang tidak dipunyai lembaga pemerintah lain,  Meliadi menyebutkan Kemenkop punya sejumlah program yang menunjukan kepedulian kepada pegawainya secara sosial, seperti perhatian terhadap pegawai yang sakit atau meninggal hingga bentuk kepedulian lainnya.

“Kami bekerja sama dengan Bulog, Baznas.  Bagi karyawan kami secara psikologis sangat membantu. Selain itu kami juga punya program Pekan Olahraga dan Seni, hingga Bina Rohani.  Jadi dengan  pembinaan internal yang baik, maka para pegawai melayani masyarakat, di antaranya koperasi dan UKM dengan baik,” ungkap Meliadi.

Kemenkop juga dinilai aktif mengikuti kegiatan antar Kementerian/Lembaga Pemerintahan, seperti lomba MTQ, Da’wah, Lomba Paduan Suara, Cerdas Cermat, Fun Run, mendukung kegiatan Asian Games dalam pemecah rekor Poco-poco hingga penggalangan dana untuk korban bencana. Kepengurusan Korpri aktif selama 3 periode dalam segala bidang

Kepala Biro Umum Kemenkop UKM Hardiyanto menambahkan, kepedulian terhadap pegawai  secara intensif terus ditingkatkan dengan penyediaan sarana penunjang memadai, seperti  bank, kantin, koperasi dan Poliklinik.

“Bahkan untuk layanan poliklinik sudah kami tambah jam kerjanya dari jam 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore, untuk melayani pegawai yang lembur,” ujarnya.  Tidak hanya layanan kesehatan langsung kepada pegawai,  poliklinik juga aktif mengadakan seminar kesehatan bekerja sama dengan kementerian terkait setahun dua kali.

Program lainnya yang kini sudah mulai dirintis adalah penyediaan perumahan bagi pegawai bekerja sama dengan Bank BNI dan Taspen.

“Kami ingin pegawai di lingkungan  Kemenkop UKM punya kebanggaan sebagai  ASN, sehingga dapat meningkatkan  fungsi pelayanan terhadap masyarakat, “ timpal Hardiyanto.

Kontribusi Besar ASN

Dalam amanatnya pada peringatan HUT Korpri , Presiden Joko Widodo menuturkan 47 tahun ke belakang, Korpri beserta seluruh jajaran ASN telah memberi kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. Jajaran ASN juga  menjadi garda terdepan   pelayanan kepada masyarakat dan  motor penting dalam pembangunan nasional.

“Kemajuan Indonesia yang telah kita capai sampai hari ini tidak terlepas dari peran serta jajaran aparatur sipil negara yang bekerja di semua sektor, di semua level pemerintahan, di semua wilayah Indonesia, serta perwakilan di luar negeri,” kata dia (Irvan).