hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

BNI dan Bluebird Kolaborasi untuk Digitalisasi Bisnis

BNI dan Bluebird Kolaborasi untuk Digitalisasi Bisnis
dok.bni

Peluang News, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menjalin kerja sama dengan PT Bluebird Tbk dalam upaya mempercepat digitalisasi bisnis.

Dalam kemitraan ini, BNI menyediakan layanan keuangan digital melalui BNI API One Gate Payment. “Dengan menggunakan BNI API One Gate Payment, Bluebird mampu memberikan layanan terbaik kepada mitra dan penumpangnya, sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan sistem keuangan digital yang aman, nyaman, dan efisien,” kata Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (24/8/2024)

Direktur Utama Bluebird, Adrianto Djokosoetono, menjelaskan bahwa Bluebird mempercayakan transformasi digital keuangan mereka kepada BNI. “Melalui integrasi BNI API One Gate Payment, Bluebird mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan, yang memungkinkan kami untuk memantau cash flow dengan lebih efisien,” ujar Adrianto.

Manfaat Integrasi BNI API One Gate Payment

Dengan mengintegrasikan BNI API One Gate Payment, Bluebird memperoleh manfaat seperti proses disbursement real-time kepada lebih dari 20.000 mitra untuk pembayaran bonus bulanan dan komisi harian. Selain itu, pembayaran tagihan kepada entitas lain juga dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Dukungan Gerakan Nasional Non Tunai

Kolaborasi antara BNI dan Bluebird juga mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI). Kedua pihak meyakini bahwa kerja sama ini dapat berkontribusi dalam menciptakan sistem keuangan digital yang lebih baik di Indonesia melalui adaptasi terhadap perubahan pasar menuju masyarakat non-tunai.

Peningkatan Transaksi Digital BNI

BNI mencatat jumlah transaksi oleh nasabah pengguna aplikasi “wondr by BNI” mengalami peningkatan signifikan hingga 200 persen dibandingkan dengan transaksi melalui aplikasi “BNI Mobile Banking”. Dari segmen wholesale banking, jumlah pengguna “BNIDirect” tercatat mencapai lebih dari 157 ribu pengguna, tumbuh 7,9 persen YoY. Hal ini mendorong pertumbuhan volume transaksi cash management mencapai Rp3.798 triliun, tumbuh 17,6 persen YoY. Sementara jumlah transaksi mencapai 582 juta kali, tumbuh 35,3 persen YoY.

Jaringan Agen Laku Pandai BNI Agen46

Jaringan “Agen Laku Pandai BNI Agen46” mencatatkan jumlah agen telah mencapai 205.379, meningkat sebesar 18,2 persen YoY. Jaringan agen ini menjangkau lebih dari 6.000 kecamatan dan 35.000 kelurahan/desa di seluruh Indonesia. Selama semester I 2024, BNI Agen46 mencatat total transaksi sebanyak 42,88 juta dengan nilai mencapai Rp23,89 triliun.

Agenda Transformasi Digital BNI

Direktur Retail Banking BNI, Corina Leyla Karnalies, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/8), mengatakan bahwa pihaknya masih memiliki agenda transformasi digital lainnya yang sedang berjalan. (Aji)

pasang iklan di sini