hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

XL, Smartfren, Smart Telecom Resmi Merger Bentuk XLSMART

Peluang News, Jakarta  – PT XL Axiata Tbk resmi melakukan penggabungan usaha dengan PT Smartfren Telecom Tbk, dan PT Smart Telecom dan membentuk entitas baru bernama XLSMART dengan perusahaan baru bernama PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk  (kode saham: EXCL). Merger tersebut disebutkan memiliki menghasiulkan nilai strategis sebesar Rp104 Triliun (US$6,5 Miliar).

Presiden Direktur dan CEO XLSMART Rajeev Sethi mengatakan pembentukan XLSMART diharapkan dapat saling melengkapi kekuatan yang dimiliki oleh XL Axiata dan Smartfren ke dalam satu merek baru tersebut.

“Kami akan terus mengoperasikan merek-merek andalan kami untuk melayani pelanggan mobile seluler dan home broadband melalui XL, AXIS, dan Smartfren maupun pelanggan UMKM dan korporasi melalui XLSMART for Business,” ujarnya saat mengumumkan langkah merger tersebut pada Jumat (17/4).

Dengan penggabungan usaha tersebut, XLSMART kini melayani lebih dari 94,5 juta pelanggan seluler di seluruh Indonesia.

Rajeev Sethi mengatakan susunan Direksi dan Dewan Komisaris yang baru dibentuk setelah penggabungan usaha menggambarkan perpaduan kepemimpinan dari dua organisasi sebelum merger dan menargetkan untuk dapat memimpin dalam proses transformasi digital Indonesia.

Struktur ini juga menunjukkan komitmen XLSMART terhadap tata kelola yang seimbang, pengambilan keputusan yang berorientasi pada pelanggan, serta inovasi yang berlandaskan tujuan jangka panjang.

“Ini bukan sekadar penggabungan perusahaan. Ini adalah lompatan besar untuk ekosistem digital Indonesia,” ujar Rajeev Sethi.

Dengan struktur dan identitas baru, dia mengatakan siap memberdayakan masyarakat, pelaku usaha, dan institusi di seluruh Indonesia untuk menghadirkan masa depan bisnis digital yang berani, inklusif, dan human centric.

Dengan pelanggan sebanyak 94,5 Juta, XLSMART kini memiliki pangsa pasar gabungan sebesar 25%. Perusahaan itu meproyeksikan pendapatan proforma Rp45,8 triliun dan menargetkan XLSMART dapat memastikan masyarakat di Indonesia memiliki akses terhadap teknologi, jaringan, dan pengalaman yang andal.

Tanda visual utama dari merek baru tersebut adalah logogram “Infinity World”, yang melambangkan konektivitas tanpa batas dan peluang yang tak berujung. Simbol ini diharapkan dapat mencerminkan komitmen XLSMART untuk memperluas cakrawala di seluruh Indonesia dan seterusnya.

“Identitas baru ini tidak hanya mencerminkan siapa kami, tetapi juga apa yang ingin kami bangun— Indonesia yang berkembang dan unggul di era digital,” ujar Rajeev Sethi.

XLSMART saat ini mengelola enam merek seluler, yaitu XL, XL Prioritas, XL Satu, Smartfren, AXIS, dan XLSmart for Business.

Dengan penggabungan usaha tersebut, saat ini operator seluler di Indonesia tinggal diisi oleh tiga entitas, yaitu XLSMART, Telkomsel dan Indosat Ooredoo Hutchison. Total sambungan telepon seluler aktif di Indonesia pada awal tahun 2025 mencapai 356 juta sambungan, atau setara dengan 125 persen dari total penduduk.

pasang iklan di sini