
Peluang News, Jakarta – Peluang ekspor kini semakin terbuka bagi pelaku UMKM muda! Smesco Indonesia, di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, resmi meluncurkan program “Anak Muda Bisa Ekspor” yang memungkinkan produk lokal menembus pasar global. Langkah pertama? Shopee Malaysia. Upaya ini menegaskan bahwa inisiatif ini sejalan dengan visi besar pemerintah dalam mendorong UMKM muda masuk ke rantai pasok global.
“Ini adalah program berkelanjutan yang melibatkan berbagai pihak—Kementerian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM )sebagai regulator, Smesco Indonesia sebagai fasilitator, serta Shopee Indonesia sebagai aggregator. Kami menargetkan delapan negara tujuan ekspor, dan Malaysia menjadi gerbang awalnya,” jelas Wientor dalam keterangannya, di Jakarta, Senin (17/2/2025).
Jagoan Fashion Pecah Telur
Sebanyak 18 UMKM muda dari kategori fashion, yang dikenal sebagai “Jagoan Fashion”, telah lolos seleksi ketat untuk ekspor perdana ke Malaysia. Seleksi ini menilai aspek kapasitas produksi, kontrol kualitas, hingga strategi pemasaran digital. Kini, dengan akses ke Shopee Malaysia, UMKM Indonesia bisa menjual produk mereka dengan lebih mudah dan langsung menjangkau konsumen internasional.
“Kami ingin memastikan proses ekspor ini simpel, mudah, dan tanpa hambatan. Smesco hadir untuk menjembatani UMKM muda dengan pasar luar negeri,” tambah Wientor.
Mengapa Malaysia
Malaysia dipilih sebagai pasar pertama karena memiliki kesamaan budaya dan tren konsumsi dengan Indonesia. Produk seperti busana muslim, batik, sportswear, dan aksesoris memiliki peluang besar untuk diterima di sana.
Salah satu peserta program, Febrary Surya, pemilik brand Alivia House yang memproduksi baju renang muslimah, menyambut peluang ini dengan penuh optimisme.
“Kami akan melakukan riset mendalam terkait harga, model, dan selera pasar di Malaysia. Kami juga akan mengoptimalkan strategi pemasaran digital agar produk kami semakin dikenal,” ungkap Febrary.
Ia juga mengakui bahwa tanpa dukungan Smesco dan Shopee, peluang ekspor seperti ini akan sulit didapatkan oleh UMKM.
Program “Anak Muda Bisa Ekspor” menjadi langkah nyata bagi UMKM muda untuk naik kelas dan bersaing di pasar internasional. Dengan kolaborasi erat antar pemangku kepentingan, Smesco memastikan produk lokal tidak hanya dikenal di dalam negeri, tetapi juga bersinar di kancah global. (RO/Aji)
Baca Juga: Menkop Targetkan Smesco Jadi Mal UKM Indonesia