dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Koperasi Nurkayana Pengalengan Andalkan Usaha Jasa Wisata

Kegiatan Nurkayanan Explore-Foto: Dokumentasi Nurkayana.

PENGALENGAN— Koperasi Simpanan Pinjam dari pelaku Usaha Kecil dan Mikro Nurkayana ini berdiri pada 2010. Koperasi ini   merupakan kerja sama Star Energy Geothermal Ltd dengan  pelaku usaha di Kecamatan Pangalengan.  Koperasi yang  beranggotakan 72 orang ini menitikberatkan kegiatannya pada pelatihan umum wirausaha, selain merupakan koperasi simpan pinjam.

Kemudian Para pengurus koperasi ini sadar bahwa koperasi sulit berkembang kalau hanya mengandalkan simpan pinjam itu.  Mereka jeli memanfaatkan alam Pengalengan yang cocok untuk jasa usaha ekowisata.

Ketua Koperasi UKM Nurkayana Dadan Sundara mengatakan, pada 2015 koperasi ini mendirikan Nurkayana Explore (Nurex) menawarkan jasa wisata outbound dengan fasilitas arung jeram, fun offroad, camping, adventure bike, penanaman kopi hingga home stay di rumah penduduk.  Sekitar 10 anggota menawarkan rumahnya untuk disewakan kepada para tamu.

Dengan modal awal  sekitar Rp5 juta, jasa wisata ini membidik  segmen pengunjung yang cukup luas mulai dari  BUMN/BUMD, perusahaan swata, mahasiswa,pelajar hingga masyarakat umum.

“Boleh di bilang kami merupakan salah satu koperasi yang punya usaha jasa wisata,” ucap Dadan kepada Peluang, Sabtu (28/7/2018).

Paket Team Bulding dibandroll Rp150.000 per orang  mengambil tempat di Situ Cileunca.  Para peserta (umumnya rombongan) mendapatkan fasilitas peralatan, instruktur, serta makanan, snack dan disediakan alat P3K.

Arung jeram di Pengalengan-Foto: Dokumentasi Nurkayana.

Sementara paket rafting ditawarkan Rp175 ribu per orang (dengan minimum satu rombongan 10 orang) bertempat di Sungai Palayangan, Pengalengan.

“Tempat camping juga berlokasi di Situ Cileunca dengan tarif Rp275 ribu per orang untuk 1 malam dua hari, selain disediakan makan, juga sleeping bag dan matras. Biaya itu termasuk api unggun,” papar pria kelahiran 1977 ini.

Nurex pernah membawa rombongan 250 orang untuk sebuah paket ooutbound sehari, termasuk flying fox.  Ke depannya Dadan menyebutkan,koperasi ini mengembangkan bisnis ini di lahannya sendiri yang sedang disiapkan.

Sebagian anggota koperasi ini adalah wirausaha di bidang konveksi, perdagangan, jasa, kuliner dan masih banyak lagi. Keanggotaan juga terbuka bagi merekayang ingin menjadi wirausaha atau yang sedang merintis bisnis.

Rapat Anggota Tahunan untuk Tahun Buku 2017 digelar pada Maret 2018 itu. Koperasi ini mempunyai omzet sekitar seratusan juta rupiah. “Kami memang masih kecil, namun kami punya semangat ingin besar,” ucap Dadan.

Pelatihan Koperasi Nurkayana-Foto: Dokumentasi Nurkayana.

Nama Nurkayana  sendiri adalah merupakan perpaduan dari asal bahasa Arab dan bahasa Sansakerta. Nur  berasal dari bahasa arab yang artinya  cahaya dan Kayana artinya dermawan,kalau digabungkan berarti cahaya pemancar kedeemawanan bagi sesamanya (Irvan Sjafari).