dokter keuangan
pasang iklan media online
Ragam  

5 Aplikasi yang Mudahkan Perjalanan Mudik Anda

5 aplikasi yang bisa mudahkan perjalanan mudik
Ilustrasi Mudik dengan menggunakan Google Maps/dok.peluangnews

Peluang News, Jakarta – 5 aplikasi yang bisa mudahkan perjalanan mudik. Hal ini penting untuk diketahui karena tradisi mudik Lebaran setiap tahun menjadi tantangan tersendiri bagi jutaan orang di Indonesia yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga tercinta. Ramai-ramai masyarakat pulang ke daerah asal dari perantauan demi bisa berkumpul bersama keluarga tercinta. Perjalanan mudik dari kota rantau pun menjadi momen yang tak kalah penting.

Untungnya Teknologi semakin mempermudah kehidupan kita, termasuk sejumlah aplikasi ponsel ini yang hadir bisa menjadi pegangan Anda di kala mudik Lebaran. Aplikasi ini memberikan informasi tentang rute perjalanan dan membantu merencanakan detail perjalanan dengan efisien. Beberapa aplikasi juga memberikan banyak pilihan akomodasi untuk kita mencari tempat menginap bersama keluarga.

Berkat deretan aplikasi penunjang mudik Lebaran, keresahan dan kekhawatiran yang sering kali menyertai perjalanan tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah.

Dari pencarian tiket transportasi, pemesanan akomodasi, hingga mendapatkan informasi terkini tentang kondisi lalu lintas, aplikasi-aplikasi tersebut menjadi teman bagi para pemudik dalam perjalanan menuju tanah kelahiran.

Berikut 5 jenis aplikasi yang dapat mempermudah perjalanan mudik Lebaran:

1. Aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze sangat membantu memberikan informasi tentang rute terbaik, perkiraan waktu tempuh, dan kondisi lalu lintas saat mudik yang diperbarui secara aktual.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur navigasi suara, dimana fitur ini sangan berguna bagi kalian yang berkendara sambil tetap menyalakan Google Map sebagai navigator utama. Informasi tentang pompa bensin, restoran, ATM, dan tempat istirahat juga dapat kalian akses melalui aplikasi ini. Bahkan, Google Map juga memiliki fitur navigasi offline untuk kalian yang menempuh perjalanan di tempat yang terkendala oleh sinyal.

Dengan bantuan aplikasi navigasi, pemudik dapat menghindari kemacetan dan memilih rute terbaik sehingga perjalanan mudik menjadilebih efisien.

2. Aplikasi Bengkel
Aplikasi bengkel sangat diperlukan untuk memberikan informasi tentang lokasi bengkel terdekat di sepanjang perjalanan sehingga memudahkan pemudik untuk menemukan bengkel yang terpercaya dan dapat melakukan perbaikan darurat jika diperlukan.

Aplikasi bengkel yang bisa disiapkan antara lain ialah myhalobengkel, Digiroom by Auto2000, dan Honda e-Care.

3. Aplikasi Konsultasi Kesehatan
Aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc atau Alodokter bisa menjadi pilihan pertama ketika mengalami keluhan sakit saat di perjalanan mudik. Pemudik dapat menggunakan aplikasi ini untuk mendapatkan bantuan medis atau informasi tentang layanan kesehatan.

4. Aplikasi Agen Perjalanan
Aplikasi agen perjalanan membantu memudahkan pemudik untuk memesan tiket transportasi secara online. Dengan berbagai pilihan paket perjalanan, pemudik dapat menyesuaikan perjalanan mereka sesuai dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki. Bagi Gen Z yang tidak suka ribet, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk kemudahan dan efisiensi dalam pemesanan tiket transportasi serta akomodas

Beberapa aplikasi agen perjalanan yang populer antara lain adalah Traveloka, Agoda, dan, Tiket.com

5. Aplikasi Stasiun Pengisian Daya atau Bahan Bakar Mobil
Aplikasi seperti MyPertamina dan Charge. Selain itu ada GasBuddy, aplikasi gasbbudy (gasbbudy.com) merupakan salah satu aplikasi revolusioner dalam industri bahan bakar. Jika aplikasi serupa lain mungkin memberikan informasi berdasarkan sumber data resmi, GasBuddy mengandalkan kontribusi pengguna aktif untuk memperbarui harga bahan bakar secara real-time. Artinya, pengguna dapat memperoleh informasi yang lebih akurat secara langsung, karna data akan terus diperbarui oleh mereka yang berada di lapangan.

Selain itu GasBuddy juga mempunyai program “Pay with GasBuddy”, dimana fitur ini memberikan diskon untuk kalian yang membayar melalui aplikasi secara langsung. Dengan ini, GasBuddy tidak hanya membantu menghemat uang, tapi juga mendorong pengguna untuk menggunakan teknologi yang lebih efisien serta ramah lingkungan, karena mengurangi limbah plastik dan kertas hasil pembayaran konvensional. (Aji)