dokter keuangan
pasang iklan media online

Satgas Pangan Polri Temukan Penyimpangan Pupuk Subsidi Oleh Petani

Satgas Pangan Polri Temukan Penyimpangan Pupuk Subsidi Oleh Petani/Dok. Peluang News-Hawa

Peluang News, Jakarta – Satuan Tugas atau Satgas Pangan Polri mengungkapkan, pihaknya menemukan penyimpangan pupuk subsidi yang dilakukan oleh petani menjelang Lebaran atau Idulfitri 2024.

“Ternyata banyak rintangan juga disana, ada penyimpangan subsidi, ada petani-petani yang tidak memiliki sawah tapi tergabung dalam kelompok tani ini menerima subsidi,” kata Wakasatgas Pangan Polri, Kombes Samsul Arifin dalam Dialog Publik bertema ‘Memastikan Ketersediaan dan Keterjangkauan Harga Pangan Jelang dan Pasca Lebaran 2024,’ di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Namun, ia belum membeberkan secara detail mengenai waktu dan lokasi terjadinya penyimpangan itu.

Ia hanya menjelaskan, oknum petani tersebut tidak menanam pupuk subsidi yang diterima, melainkan hanya menjual pupuk subsidi tersebut ke sejumlah pihak.

“Tidak ditanam, tapi dia menjualnya lagi. Tidak menjadikan pupuk bergeser untuk mendukung produksi padi, tapi banyak diselewengkan juga ke sektor-sektor industri seperti perkebunan, kelapa sawit, dan lain-lain, ke pihak-pihak swasta,” jelasnya.

Samsul mengatakan bahwa informasi tersebut diperoleh pihaknya melalui Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri.

Oleh sebab itu, ia menegaskan, Satgas Pangan Polri akan terus berupaya agar distribusi pupuk subsidi tersebut dapat selalu tepat sasaran hingga saat ini.

“Mungkin agak unik, tapi Polri akhirnya turun ke sawah untuk mengecek ketersediaan pupuk, bagaimana distribusi pupuk bisa sampai ke petani, karena ternyata juga sangat berpengaruh,” ujar Samsul.

“Kita dibantu oleh rekan-rekan Baintelkam mengumpulkan data seperti ini dan kita juga turun ke lapangan, makanya tidak heran ketika Satgas Pangan Polri turun ke sawah, turun ke sentra-sentra produksi pertanian untuk mengecek ini,” lanjutnya.