hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Perluasan Pelanggan dengan Kreativitas Marketing

Pengaplikasian kreativitas dalam marketing dapat meningkatkan keterlibatan audiens dan menciptakan daya ingat mereka mengenai merek anda. 

Kreativitas dalam marketing adalah penerapan konsep dan ide kreatif ke dalam strategi pemasaran anda untuk menjual produk atau layanan. Contoh yang paling umum dikenali adalah mengadakan promo “beli satu gratis satu”. Cara ini terbukti ampuh dan sudah banyak diterapkan dari skala minimarket, hypermarket hingga swalayan.

Pemasaran dikembangkan melalui upaya kreativitas pemasaran yang bertujuan agar perusahaan lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Kreativitas marketing turut meningkatkan pemahaman konsumen terhadap produk yang ditawarkan, dan hal ini jelas membantu marketing menyelaraskan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Memasukkan ide marketing kreatif itu sangat penting bagi perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran. Selain untuk mengungguli para pesaing, memasukan ide kreatif juga membantu dalam membuat strategi sales marketing sebagai salah satu unsur penting dari perusahan untuk bisa memasarkan produk.

Ide-ide marketing yang kreatif bukan hanya menguntungkan perusahaan. Ia sekaligus membantu konsumen memasukkan berbagai inovasi dan kreasi yang akan membantu pelanggan untuk tetap memakai produk perusahaan tersebut. Itu artinya membantu konsumen terhindar dari rasa bosan/kejenuhan dari produk atau layanan yang ditawarkan.

Mengombinasikan data dan ide kreativitas berpengaruh secara signifikan dalam peningkatan kinerja dari konten pemasaran yang anda buat. Untuk dapat mengaplikasikan creative marketing, anda harus menyelaraskannya dengan tujuan, merek, dan target pasar anda. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan supaya bisa mengaplikasikan creative marketing ini.

Mencari sebuah ide. Sebelum anda memulai, anda harus dapat mencari ide untuk pemasaran yang akan dilakukan. Anda membutuhkan inspirasi dalam mencari ide-ide yang menarik. Inspirasi bisa anda dapatkan dari mana saja, seperti mengamati dan mencari data dari iklan yang telah berhasil ataupun berdiskusi dengan rekan kerja dari departemen lain. Intinya, buka mata dan telinga anda selebar-lebarnya.

Fokus dalam tantangan. Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja dari departemen pemasaran dalam memecahkan suatu tantangan dengan memberikan kreativitas dan inovasi baru. Berfokus pada tantangan merupakan salah satu cara untuk mengembangkan pendekatan kreatif demi menjangkau pelanggan dari berbagai kalangan.

Membangun kerja sama. Anda dapat mencoba bekerja sama membuat sebuah kolaborasi dengan departemen lain yang mengembangkan strategi kreatif untuk menghasilkan suatu ide baru. Anda dapat melakukannya dengan departemen lain untuk membantu mewujudkan ide tersebut. Untuk dapat menyalurkan kreativitas baru lainnya, mendekatkan diri anda dengan departemen lain dan menjalankan departemen secara fleksibel memungkinkan hal tersebut dapat terjadi. Menyesuaikan pendekatan anda kepada departemen lainnya dapat menguntungkan seluruh proses dengan menciptakan ruang untuk ide-ide baru.

Berikan customer experience. Strategi lain yang dapat digunakan yaitu dengan memperhatikan pengalaman pelanggan. Hal ini untuk meningkatkan pembentukan dan pemahaman pelanggan terhadap produk. Dengan menciptakan kesan terhadap produk perusahaan anda, pelanggan akan berfokus kepada daya ingat dan memungkinkan mereka ingat terhadap produk anda. Atas dasar daya ingat ini, kans pembelian produk oleh pelanggan anda dapat meningkat.

Creative marketing merupakan suatu strategi yang berfokus memberi suatu ide yang kreatif dan inovatif yang dapat menggapai emosi dari pada audiensi. Pengaplikasian kreativitas dalam marketing dapat meningkatkan keterlibatan audiensi dan menciptakan daya ingat kepada audiensi mengenai merek anda. Jadi, sudah seharusnya tenaga pemasar meningkatkan kemampuan berpikir kreatif hingga mampu mendorong minat calon pelanggan serta menarik audiens baru.●