Kambara Dinobatkan Tokoh Pegiat Desa dan Koperasi Tingkat Nasional

Himpunan Alumni IPB Awards 2023 mengapresiasi upaya kerja keras dan cerdas Kambara dalam menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang koperasi.

Kambara Dinobatkan Tokoh Pegiat Desa dan Koperasi Tingkat Nasional

Usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Ungkapan populer itu tepat disematkan kepada Kamaruddin Batubara, Presiden Direktur Koperasi BMI Group sekaligus Direktur Utama Kopsyah BMI. Kegigihannya dalam mengembangkan usaha koperasi selama ini mendapatkan apresiasi dari Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB).

Dalam ajang HA IPB Awards 2023 bertema “Merajut Prestasi Menuju Indonesia Emas”, yang digelar di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, Sabtu 27 Januari 2024 dan Live dari akun official Youtube HA IPB, Kambara dinobatkan sebagai Tokoh Pegiat Desa dan Koperasi Tingkat Nasional.

Gelaran penghargaan yang turut dihadiri oleh Rektor IPB itu diberikan kepada para alumni IPB pegiat sosial kemanusiaan yang berprestasi dan telah memberikan kontribusi luar biasa diberbagai bidang pada level regional, nasional dan internasional. Terdapat 219 nomine dari masing-masing kategori yang dinilai oleh 24 juri sesuai dengan bidang masing-masing dan 12 terpilih yang menerima penghargaan dari 12 kategori.

Penghargaan juga diberikan kepada pemenang kategori lainnya yakni:

  1. Pejuang Agro Maritim
  2. Pegiat Lingkungan, Sosial, dan Kemanusiaan
  3. Akademisi/Peneliti
  4. Profesional Korporasi (BUMN/BUMD/Swasta)
  5. Profesional Mandiri
  6. Wirausaha Kecil, Mikro dan Start Up
  7. Penyelenggara Negara
  8. Pengusaha Menengah – Besar
  9. Pemimpin Muda Inspiratif
  10. Diaspora dan
  11. Kategori Pemimpin Muda Inspiratif.

“Penghargaan ini untuk 320 ribu anggota Koperasi BMI, kami menunjukkan bahwa koperasi bisa membangun dengan prinsip tolong menolong. Semoga koperasi makin familiar di IPB. Apalagi BMI sendiri lahir dari rahim IPB lewat LSI IPB” ungkap Kamaruddin, biasa disapa Kambara yang hadir langsung dalam acara tersebut.

Untuk diketahui, kelahiran Kopsyah BMI 21 tahun lalu diinisiasi oleh IPB melalui riset yang dilakukan oleh Lembaga Sumberdaya Informasi (LSI) IPB. Kopsyah BMI sampai saat ini terus bekerjasama dengan P2SDM IPB untuk pemberdayaan pertanian anggota koperasi. Dukungan dari kalangan akademis ini menjadikan program pemberdayaan tepat guna dan bermanfaat.

Penghargaan dari HA IPB itu menambah panjang deretan prestasi yang telah diraih oleh Kambara dan Koperasi BMI Group. Sebelumnya, ia menerima penghargaan Bhakti Koperasi dan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI dan 2 Rekor MURI untuk program Hibah Rumah Siap Huni atau rumah gratis.

“Penghargaan dari almamater saya ini semakin menambah motivasi untuk menjadikan koperasi sebagai lembaga usaha kelas satu di Indonesia sesuai dengan amanat konstitusi,” pungkas Kambara.(Kur)

withdraw deposit tanpa ribet gak pake lama
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id