dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza
Berita  

Jokowi Minta Daerah Terintegrasi dengan Pusat dalam Perizinan

Presiden joko Widodo membuka acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia ke XI di ICE, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (6/7/2018)-Foto: Istimewa

TANGSEL—Presiden Joko Widodo mengatakan, saat ini dunia sedang menghadapi Revolusi 4.0. McKinsey Global Institute menyampaikan perubahan sekarang ini di revolusi industri 4.0, kecepatannya 3.000 kali lipat dibanding revolusi industri yang pertama. Kecepatan itu didorong oleh teknologi digitalisasi.

“Saya sewaktu berkunjung ke Silicon Valley diajak Mark Zuckenberg singgah di markas Facebook untuk main pingpong, tetapi tanpa meja,melainkan dengan virtual,” ujar Presiden ketika membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia(Akapsi) ke XI di ICE, Serpong, Jumat (6/7/2018) lalu.

Dengan kenyataan ini, menurut Jokowi apabila kita tidak melakukan terobosan, maka daya saing rendah. Sudah tidak ada tempat lagi bila investor mengurus SIUPP memakan waktu sampai berhari-hari namun cukup dengan hitungan jam.

Untuk itu Presiden Joko Widodo, menjanjikan program One Single Submission atau OSS, pelayanan daring (online) dengan sistem terpadu, diluncurkan dalam waktu dekat. Dengan sistem ini, maka semua perizinan dari pusat dan daerah akan terintegrasi.

“Dengan sistem ini akan terlihat di mana sebuah perizinan investasi itu terhambat. Apakah di pusat atau justru di daerah,”kata Jokowi menegaskan, seraya meminta para kepala daerah ikut berperan mensukseskan perizinan ini.

Pada saat ini ungkap Jokowi, pemerintah sudah berupaya menurunkan angka kemiskinan dari 11,13 persen pada 2015 menjadi 10.12 persen pada 2017. Sementara angka pengangguran sudah diturunkan dari 7.56% menjadi 7.04$ pada 2017.

Untuk bisa menekan angka kemiskinan dan pengangguran perlu pertumbuhan ekonomi. Kunci pertumbuhan ekonomi adalah investasi dan ekspor. Keduanya memerlukan kecepatan dan untuk itu pusat dan daerah harus bekerja sama .

Mardani H Maming, Ketua Umum Apkasi menyampaikan terima kasih dan rasa bangga karena untuk kesekian kalinya Presiden Jokowi selalu berkenan hadir pada acara Rakernas Apkasi dan Pembukaan Apkasi Otonomi Expo.

Presiden Jokowi meninjau Pameran Otonomi daerah di ICE, Serpong, Tangerang Selatan-Foto: Istimewa.

Mardani  mengucapkan terima kasih atas perhatian bapak Presiden kepada Apkasi. Hal ini akan menjadi pemacu semangat para bupati seluruh Indonesia.

“Para Bupati didorong  bekerja lebih giat, serta berinovasi membangun dan memajukan daerah kami masing-masing,” ujar Mardani pada kesempatan yang sama (Van).