Satu cara yang juga tidak boleh dilupakan adalah memberikan sampel barang secara cuma-cuma. Anda yang doyan belanja ke mal mungkin sudah familier dengan istilah try me.
PELAKU usaha pasti paham banget betapa pentingnya promosi untuk keberlangsungan bisnisnya. Dengan banyaknya usaha yang bergerak di bidang serupa, anda dipaksa harus lebih kreatif lagi dalam menjual produk-produk ke pelanggan. Caranya? Simak enam ide kreatif berikut.
Bundle spesial. Ini artinya anda akan menjual dua produk sekaligus dengan harga yang lebih murah. Biasanya, produk bundling terdiri dari satu produk terlaris yang dipadukan dengan produk dengan angka penjualan kurang baik.
Bundling product bertujuan menghabiskan produk yang kurang laku atau meningkatkan angka penjualan secara keseluruhan. Paket bundle bisa dihadirkan pada momen-momen spesial, seperti Hari Natal, Lebaran, atau Imlek. Dengan begitu, peningkatan penjualan tetap diiringi dengan perolehan keuntungan.
Program ajak teman. Sasarannya pengguna aplikasi dan bertujuan meningkatkan angka pemakai aplikasi atau meningkatkan penjualan. Cara kerjanya, pengguna aplikasi mengajak temannya untuk men-download aplikasi tersebut pakai kode referral. Saat temannya berhasil gabung, pengguna yang lama berhak mendapatkan keuntungan berupa voucher diskon, produk gratis, atau gratis ongkir.
Beli X gratis X. Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan ini, “Beli X Gratis X” sudah sangat populer. Strategi ini memang cukup klasik. Walaupun sudah dipakai cukup lama, promo yang satu ini tetaplah ampuh untuk memancing konsumen. Hampir semua industri menerapkan sistem ini. Mulai dari industri F&B, fashion, perlengkapan rumah tangga. Promo ini sudah dipertimbangkan dengan matang hitung-hitungannya. Jadi, pelaku usaha bakal tetap untung.
Influencer marketing. Di era digital ini, banyak sekali influencer yang lahir dari platform tersebut. Nah, daripada melihat sisi negatifnya, sebagai pelaku usaha, memanfaatkan kehadiran mereka untuk mempromosikan bisnismu. Teknik ini disebut influencer marketing.
Pemilihan ini tentunya harus disaring berdasarkan citra dan kebutuhan bisnis. Kalau usaha anda bergerak di bidang skincare dan make up untuk anak remaja, usahakan cari influencer yang masih muda dan mencerminkan brand-mu. Itu artinya, kemungkinan besar ia juga punya followers yang sekira paralel dengan target market.
Konsultasi dan sampel barang gratis. Misalnya anda membuka salon kecantikan, coba tawarkan konsultasi gratis dengan dokter kulit untuk menarik minat pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan bisa memperoleh diagnosa kondisi kulit secara gratis dan angka penjualan anda pun akan membaik.
Satu cara yang penting lainnya adalah menggratiskan sampel barang. Anda yang doyan belanja ke mal mungkin sudah familier dengan istilah try me yang labelnya kerap ditempel pada produk-produk make up. Strategi ini membuat konsumen bisa mencoba dan mendapatkan barang terbaik yang cocok dengan seleranya.
Diskon pada waktu acak. Walaupun sudah sering dipakai, memberikan diskon ke konsumen tetap ampuh untuk menarik minat mereka. Diskon bisa diberikan berupa potongan harga pada item atau produk-produk tertentu. Biar tetap untung, berikan diskon hanya pada periode waktu tertentu. Misalnya menjelang Hari Raya Idulfitri, Natal, Tahun Baru. Di luar tiga momen besar tersebut, pemberian diskon dilakukan dengan pilihan waktu acak. Misalnya, tengah malam. Sebab, saat itulah konsumennya kemungkinan besar sedang memegang HP.●