hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza
Berita  

Di Ultah ke 23 Ombudsman, MenKopUKM: Tingkatkan Pengawasan dan Pelayanan Publik

Peluang, Jakarta – Pada ulang tahun (Ultah) Ombudsman RI yang ke-23 tahun, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki berharap, ombudsman dapat terus konsisten dalam melaksanakan kewenangannya untuk membentuk ekosistem penyelenggara negara yang bermartabat dengan mengedepankan transparansi.

Oleh karena menurut dia, perbaikan kualitas pelayanan publik yang dinikmati langsung oleh masyarakat adalah pekerjaan yang tidak pernah berhenti.

“Saya berharap Ombudsman RI dapat terus meningkatkan peran pengawasannya guna mewujudkan pelayanan publik yang semakin berkualitas, serta dapat terus bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan,” kata Menteri Teten saat menghadiri peringatan hari ulang tahun Ombudsman RI Ke-23, beberapa hari yang lalu.

Untuk itu, MenKopUKM mengajak masyarakat untuk mengapresiasi Ombudsman RI atas kinerjanya dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan pemerintah, baik pusat maupun daerah yang terbukti mendongkrak kualitas pelayanan publik.

“Ombudsman RI telah memberikan imbas positif terhadap pengelolaan pemerintah dan negara, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata Teten.

Dia mengakui, kehadiran Ombudsman RI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya melalui survei indeks pelayanan publik serta penganugerahan predikat kepatuhan standar pelayanan publik terbaik, di mana pada tahun 2022 Kementerian Koperasi dan UKM berada di dalam zona hijau, opini kualitas tertinggi kategori A dengan nilai 88,13.

“Saya merasa bangga telah berkesempatan menjadi bagian dari keluarga Ombudsman, terlebih lagi dengan impact positif yang diberikan oleh Ombudsman kepada pengelolaan pemerintah dan negara ini,” ucap Teten.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Ombudsman RI Mokhammad Najih mengatakan, sepanjang 2022, Ombudsman RI menerima 8.292 laporan masyarakat dan 11.427 konsultasi masyarakat di seluruh Indonesia.

“Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat memperoleh hak pelayanan publik yang lebih baik,” kata Najih.

Najih menyampaikan, apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan penyelenggara pelayanan atas kinerja dan kontribusi terbaiknya.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan partisipasi aktif terhadap penyelesaian permasalahan pelayanan publik. Semoga kinerja Ombudsman semakin baik dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Najih. (alb)

pasang iklan di sini