dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Simpanan Idul Fitri Melonjak 249% Capai Rp24,2 Miliar

Produk ini menawarkan setoran fleksibel dan bagi hasil yang menarik dalam bentuk paket sembako dan barang elektronik untuk menyambut Hari Kemenangan.

Antusiasme anggota Kopsyah BMI dalam menabung sangat tinggi sepanjang 2023. Salah satunya terlihat pada produk Simpanan Idul Fitri (Sidul). Anggota ingin merayakan Hari Kemenangan dengan paket istimewa dari bagi hasil simpanan yang diberikan oleh koperasi besar berprestasi tersebut.

Manajer Pendanaan Kopsyah BMI, Ahmad Safikri Batubara, biasa disapa Fikri, mengungkapkan Sidul menunjukkan kinerja fantastis dengan nilai sebesar Rp24,2 miliar pada 2023, atau tumbuh 249% dibandingkan tahun sebelumnya senilai Rp9,7 miliar.

“Tahun lalu, anggota yang menabung Sidul tidak sebanyak sekarang, hanya 2.910 paket. Sementara sekarang, kita menyalurkan sekitar 22.500 paket sebagai bentuk bagi hasil Sidul,” ungkap Fikri.

Untuk diketahui, pembagian bagi hasil Sidul bernilai antara Rp10 ribu sampai dengan Rp2,4 juta, tergantung besaran Sidul masing-masing anggota. Pada tahun ini, paket Sidul yang dibagikan tidak hanya berupa paket sembako, tetapi ada tambahan barang elektronik bagi yang memiliki bagi hasil simpanan yang tinggi.

Sidul merupakan produk simpanan yang pertama kali diluncurkan pada RAT Tahun Buku 2021, 25 Januari 2022. Proyeksi bagi hasil yang ditawarkan setara 8% per tahun dalam bentuk barang untuk menyambut kemeriahan Hari Raya Idul Fitri. Produk simpanan ini bebas biaya administrasi dan tanpa minimal setoran.

Menariknya, Sidul turut memperkuat sirkuit ekonomi di Koperasi BMI Group. Sebab, barang sembako dalam paket berasal dari jaringan warung anggota Kopyah BMI (Jawara) dan barang elektronik bersumber dari Kopmen BMI.  “Hari Kemenangan terasa lebih spesial bagi anggota dengan Paket Sidul yang menawarkan bagi hasil menarik dan setoran simpanan yang fleksibel,” pungkas Fikri.

Sementara Direktur Utama Kopsyah BMI, Kamaruddin Batubara, biasa disapa Kambara, menambahkan bahwa Koperasi BMI terus berinovasi dalam membuat produk yang melayani semua kebutuhan anggota.

“Alhamdulillah, Kopsyah BMI terus mendukung anggota dalam mewujudkan kemandirian keluarga dengan rajin menabung. Kami sangat bahagia ketika melihat wajah anggota berseri-seri menerima paket dari bagi hasil Sidul,” ungkap Kambara.

Kehadiran paket bagi hasil Sidul menambah keceriaan anggota dalam menyambut Hari Kemenangan. Selain itu, juga merupakan instrumen pendidikan bagi anggota untuk membudayakan kegiatan menabung. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H. (Kur)