dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Koperasi Kredit Lantang Tipo : Masih yang Terbesar

BERBASIS di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Koperasi Kredit (Kopdit) Lantang Tipo merupakan salah satu kopdit terdepan dalam layanan kepada anggota. Konsistensi menerapkan nilai dan prinsip koperasi menjelmakan mereka sebagai kopdit terbesar di Indonesia. Didirikan pada 2 Februari 1976 oleh guru-guru Katholik di Paroki Pusat Damai Sanggau. Pada Desember 2016, mereka membukukan aset Rp 2,71 triliun dengan pinjaman beredar Rp1,87 triliun.

Pengembangan kualitas layanan terus menerus ditingkatkan. Salah satunya dengan membangun Homing Data Center (HDC) sebagai cadangan data (back up) dari komputer server utama. Jadi, jika terjadi bencana pada server utama komputer, mekanisme sistem koperasi tetap dapat beroperasi. Ini penting untuk memastikan pelayanan kepada anggota tidak terganggu.

Kopdit ini juga meluncurkan aplikasi mTipo berbasis Android, hingga anggota terfasilitasi untuk melakukan cek transaksi saldo dari buku rekening. Artinya, anggota dapat melihat seluruh transaksi yang pernah mereka lakukan, yang terekam oleh sistem secara otomatis.

Atas kiprah positifnya selama empat dasawarsa, wajar jika Kopdit Lantang Tipo menjadi langganan koperasi berprestasi. Teranyar, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas mengganjarnya sebagai salah satu Koperasi Penggerak Pembangunan Tahun 2017.