banner iklan sticky 160x600px sidebar kiri
banner iklan 160x600 sidebar kanan

Pemerintah Luncurkan Sertifikat Tanah Elektronik

Presiden Joko Widodo meluncurkan sekaligus menyerahkan sertifikat tanah elektronik di seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta. Foto: BPMI Setpres

Peluangnews, Jakarta – Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (4/12/2023), menyerahkan 2,5 juta sertifikat di seluruh wilayah Indonesia sekaligus meluncurkan sertifikat tanah elektronik.

Saat penyerahan bukti autentik kepemilikan atas tanah itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada 12 perwakilan penerima. Mereka terdiri dari enam orang penerima sertifikat perorangan dan enam orang penerima sertifikat aset Barang Milik Negara/Daerah (BMN/BMD) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Ke-12 sertifikat yang diserahkan sudah berbentuk sertifikat elektronik. Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN, Lampri membenarkan hal itu usai melakukan Gladi Kotor di Istana Negara.

Implementasi sertifikat tanah elektronik sebelumnya sudah dilakukan terhadap tanah-tanah aset pemerintah, baik terhadap permohonan pertama kali maupun alih media dari sertifikat analog menjadi sertifikat elektronik.

Hadir untuk menerima sertifikat BMN/BMD dan BUMN, yakni sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto; Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono rencana akan hadir.

Selain sertifikat tanah elektronik milik pemerintah, akan diserahkan juga sertifikat tanah elektronik milik masyarakat yang diterbitkan oleh sejumlah daerah yang ditetapkan sebagai lokasi pilot project.

Secara simbolis, untuk sertifikat tanah elektronik milik masyarakat akan diterima oleh enam orang yang berasal dari Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kota Bontang, dan Kabupaten Bandung. (Yth)

iklan investasi berjangka octa.co.id
download aplikasi android peluang news
iklan investasi berjangka octa.co.id