dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Menhub Minta Pekerjaan Konstruksi Jalan Tol Cikampek Distop  Saat Mudik  Natal

Ilustrasi kemcaetan Jalan Tol Jakarta-Cikampek-Foto: Tirto.

JAKARTA—-Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pekerjaan konstruksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek untuk sementara dihentikan pada puncak liburan Natal 2018 dan Tahun baru 2019 mendatang.

Dia memprediksi pada saat itu kepadatan jalan Tol Jakarta-Surabaya meningkat hingga 20 persen untuk keperluan mudik, maupun sekadar berlibur.

“Penghentian pekerjaan itu bersifat sementara hingga kondisi jalan kembali kondusif. Karena bagaimana pun juga penambahan pengguna jalan tidak bsia dihindari mengingat Jalan Tol Jakarta-Surabaya sudah tersambung,” ujar Budi dalam Diskusi Latar Belakang Studi Rencana Strategi Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan 2020-2024 di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Menhub menyebut sudah memerintahkan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk melakukan koordinasi dengan Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) untuk keperluan tersebut.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub memproyeksikan adanya kenaikan jumlah penumpang umum sekitar 12,74 persen dari 22 juta penumpang menjadi 24,8 juta penumpang. Sementara, untuk puncak arus libur Natal, yakni 24 Desember, sedangkan untuk Tahun Baru jatuh pada 28 Desember 2018.