JAKARTA—PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyampaikan telah menyiapkan net kebutuhan uang tunai sebesar Rp20,8 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat. Adapun kebutuhan ini berlaku selama 28 hari pada 19 April – 16 Mei 2021 saat periode libur Idul Fitri 1442 H.
Direktur Operasional Bank Mandiri Toni EB Subari memperkiraan net kebutuhan uang tunai telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian Kas ATM sebesar 11,3 persen menjadi Rp44,5 triliun atau sebesar Rp1,59 triliun per hari pada periode tersebut.
Dia menaksir lebih dari 25 juta nasabah yang membutuhkan uang tunai. Untuk itu pihaknya fokus untuk memastikan ketersediaan dana, terutama pada mesin ATM agar dapat terus prima selama tujuh hari melayani kebutuhan nasabah, teruuta,a saat liburan lebaran pada 12 – 14 Mei 2021.
“Kami memprediksi puncak transaksi tunai terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur lebaran yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR, serta selama libur lebaran (12 -16 Mei 2021) terutama untuk kebutuhan pengisian ATM.
Untuk mengantisipasi kondisi itu, Mandiri telah memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM (hingga maksimal 100 persen) sejak 19 April-13 Mei 2021.
Saat ini, Bank Mandiri mengoperasikan 13.076 mandiri ATM yang terhubung ke lebih dari 40 ribu jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus. Untuk mengetahui lokasi cabang dan ATM Bank Mandiri terdekat, nasabah dapat mengakses situs resmi bank mandiri.
Mandiri memastikan kesiapan tim monitoring dan pengamanan mesin ATM agar selalu siap melayani nasabah, serta layanan customer care untuk melayani seluruh keluhan nasabah dengan responsif, baik yang disampaikan melalui contact center 14000, kantor cabang, surat elektronik maupun akun media sosial resmi perseroan.
“Kami mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan mobile banking Livin’ by Mandiri untuk kenyamanan bertransaksi.
Saat ini, hampir seluruh tranksaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara daring melalui aplikasi Livin’ by Mandiri pada smartphone nasabah. Total terdapat lebih 1.800 merchant yang terhubung ke aplikasi ini.
Layanan ini mencakup pembayaran tagihan bulanan, termasuk televisi berlangganan, pembelian pulsa dan data, pembelian tiket pesawat dan kereta api, top up Mandiri e-money dengan android atau ios, top up e-wallet, hingga belanja di merchant ataupun e-commerce pilihan.