hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Kemenparekraf Hadirkan 110 Event Unggulan Dalam Kharisma Event Nusantara 2024

Kemenparekraf hadirkan 110 event unggulan dalam Kharisma Event Nusantara 2024/Dok. Ist

Peluang news, Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan kembali meluncurkan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, peluncuran ini bertujuan sebagai salah satu program unggulan sebagai daya tarik wisata yang diharapkan dapat mendorong minat kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke berbagai daerah di tanah air.

“Program KEN 2024 ini akan diluncurkan secara resmi pada Sabtu, 27 Januari 2024 di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Ia menyampaikan, terdapat 110 event yang terdiri dari 100 event unggulan dan top 10 event dalam program KEN tahun ini.

“Jadi, kalau saya mau pilih 10 destinasi untuk berwisata di Indonesia Aja, ini sudah ada event-nya yang bisa saya kunjungi dan 100 (event) untuk sepanjang tahun. Kalau mau healing yang tidak bikin kantong ‘kering’, yang bisa menghilangkan kepala pening, datanglah ke KEN untuk refreshing,” ujarnya.

Sementara itu, Plh Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Kemenparekraf, Ni Komang Ayu Astiti menyampaikan bahwa 110 event yang terangkum dalam KEN 2024 itu tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

“Event-event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh pemerintah daerah,” ucapnya.

Ia menuturkan, penyelenggaraan KEN 2024 ini diharapkan dapat menjadi program yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu khususnya untuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

“Oleh karena itu, kami mendorong agar pemerintah daerah dapat memetakan media sosial untuk memaksimalkan promosi secara digital agar cakupannya (promosi) lebih luas. Sehingga event-event ini menjadi daya tarik wisata sehingga kunjungan wisatawan benar-benar tertuju ke event-event ini,” ujar Komang.

Ketua Pokja Strategi Promosi Event Daerah Kemenparekraf, Eni Komiarti mengungkapkan bahwa pada 2023, program Karisma Event Nusantara (KEN) secara keseluruhan telah memberikan dampak positif terhadap pergerakan pariwisata dan ekonomi kreatif di nusantara.

Adapun total pergerakan wisatawan selama KEN 2023 berjumlah sebesar 7,4 juta dengan melibatkan 11 ribu pelaku UMKM, 140 ribu pelaku seni, dan menyerap 36 ribu tenaga kerja.

“Selain itu, KEN 2023 juga melibatkan 800 asosiasi dan komunitas. Kemudian juga memberikan kontribusi sebesar Rp199,3 miliar untuk PDB dan perputaran uang yang ada di KEN 2023 mencapai Rp12,42 triliun,” papar Eni.

Sedangkan untuk peluncuran program KEN 2024 di TMII, lanjut Eni, Kemenparekraf juga akan menghadirkan KEN festival yang menggabungkan antara lima format kegiatan KEN yang terdiri dari budaya, karnaval, seni, musik, dan kuliner.

“KEN Festival ini akan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB di Sasono Utomo, TMII dan terbuka untuk umum,” pungkasnya.

pasang iklan di sini