hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Kemenkop Terus Dorong Koperasi dan UMKM Optimalkan Didigitalisasi

JAKARTA—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) teten Masduki mendorong koperasi dan UMKM berkompetisi meningkatkan kualitas layanan dan produknya melalui sistem digital. Dia meyakini dengan jurus ini, daya saing pelaku koperasi dan UMKM bertambah dan produk mereka semakin diterima pasar.

“Berada dalam ekosistem digital membuat koperasi dan pelaku UMKM memasarkan produk cepat, di antaranya untuk on boarding pengadaan barang dan jasa pemerintah,” cetus Teten dalam Webminar Kanwil BI Provinsi Kalimantan Timur, Senin (30/11/20).

Pemerintah menargetkan jumlah UMKM yang dapat masuk dalam ekosistem digital mencapai 20 persen dari total UMKM yang jumlahnya mencapai 60,4 juta unit.

Sebagai catatan koperasi masuk ekosistem digital baru sekitar 906 koperasi atau 0,73 persen dari 123 ribu koperasi aktif.

Sementara survei dari  Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menungkapkan, penetrasi penggunaan internet pada 2019 mencapai 196,71 juta dari total populasi penduduk Indonesia 266,1 juta orang.

Jumlah itu tumbuh 8,9 persen dibandingkan 2018. Jumlah pengguna internet ini diyakini terus bertambah sampai sekarang.

McKinsey memproyeksikan pasar e-commerce Indonesia pada 2022 akan tumbuh menjadi 55 hingga 65 miliar dolar AS atau sekitar Rp808 triliun hingga Rp955 triliun. 

pasang iklan di sini