Penerapan sistem manajemen ritel secara digital diyakini akan membuat usaha JABmart semakin efisien.
Kolaborasi menjadi kunci agar usaha bisa terus eksis di tengah era disrupsi. Koperasi sebagai entitas bisnis mendorong kerja sama antarkoperasi yang merupakan salah satu jatidiri dari lembaga sokoguru perekonomian itu. Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung Malang menyadari hal ini dan menjalin kolaborasi dengan Koperasi Sejahtera Bersama (KSB) Bogor dalam memperkuat manajemen usaha ritel.
Manager Umum KAN Jabung, Eva Marlianty mengungkapkan pihaknya menilai KSB merupakan koperasi yang berhasil dalam mengembangkan usaha ritel modern. Inilah yang mendorong pihaknya untuk menjalin sinergi. “Kami ingin belajar bagaimana mengelola usaha ritel yang baik dan berguru kepada KSB merupakan langkah yang tepat,” ujar Eva usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan KSB Bogor yang diwakili oleh Dirut KSB Vini Noviani di Malang Jawa Timur.
Format kerja sama antar kedua koperasi besar itu antara lain terkait penyewaan program sistem SMAR POS (Sejahtera Bersama Point of Sales) untuk administrasi data stok penerimaan barang dari penyuplai dan SMAR ERP (Enterprises Resource Planning), sistem untuk mengelola penjualan dan pembelian barang, pergudangan, serta akuntansi pembukuan.
Penggunaan sistem ini dapat meminimalisir kerugian toko.
KAN Jabung sebenarnya sudah mengelola usaha ritel dengan bendera JABmart sejak lama. Namun selama ini terkendala dengan manajemen ritel terutama dalam hal digitalisasi automasi. Sehingga proses bisnisnya kurang efisien. “Kami tahu KSB piawai di bidang tersebut dengan jam terbang selama 10 tahun, maka kami mencoba belajar untuk mengoptimalkan pelayanan dan kualitas JABmart,” ungkap Eva.
Kolaborasi dengan KSB diyakini dapat membuat usaha ritel KAN lebih menggigit. Sebab, kini manajemen proses bisnisnya dilakukan secara digital sehingga bisa lebih efisien. Ini sesuai dengan perkembangan dimana teknologi dapat menjadi tools untuk menghasilkan usaha yang menguntungkan.
Sejalan dengan digitalisasi yang dijalankan, KAN Jabung juga terus meningkatkan kualitas SDM agar bisa menghadirkan layanan yang lebih berkualitas untuk kenyamanan anggota dan konsumen. Khusus di usaha ritel ini, SDM juga telah disiapkan agar bisa mengoperasikan sistem manajemen ritel modern tersebut.
KAN Jabung dan KSB Bogor dapat menjadi contoh terbaik kerja sama antarkoperasi yang saling menguntungkan. Sinergi yang dibangun tentunya akan memperkuat usaha masing-masing koperasi. Inilah yang menjadi harapan semua pihak. (Dja).







