hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Indonesia, Pasar Online Terbesar di Asia Pasifik

Dari tahun ke tahun, platform belanja online atau e-commerce terus meningkat. Indonesia bahkan disebut-sebut merupakan pasar e-commerce terbesar di kawasan Asia Pasifik. Menurut CEO Blanja.com, Aulia E. Marinto, e-commerce harus berkontribusi mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, utamanya melalui pemberdayaan UKM.

“Sampai hari ini, industri e-commerce menjadi pilar harapan Indonesia. Agar jadi lead form dalam peningkatan ekonomi, produk lokal harusnya tampil sebagai kebanggaan. Kami melihat industri ini (e-commerce) salah satu solusi utama. Kita tidak boleh tidak memanfaatkan inovasi teknologi di bidang ini,” kata Aulia Marinto saat acara “Kaleidoskop 4 Tahun Perjalanan Blanja.com”.

Sebagai salah satu pemain di bidang platform belanja online, Blanja.com mencoba melakukan diferensiasi dengan menonjolkan produk-produk dari 45 ribu UKM binaan 118 BUMN. Blanja.com sendiri merupakan e-commerce yang lahir dari dua perusahaan besar yaitu Telkom Indonesia (BUMN) dan e-Bay, perusahan jual-beli barang atau jasa yang bermarkas di San Jose, California.

“Sebagai BUM,N tidak mungkin kami tidak menjadi agen pembangunan dan pengembangan UKM. Kami juga melihat ada ceruk karena produk lokal tidak diperhatikan. Namun, kata Aulia, sebaiknya e-commerce tak melulu hanya menjadi wadah bagi pedagang untuk berdagang, tapi juga wadah bagi produsen untuk berdagang.

Karenanya, melalui Blanja.com menyediakan tempat cuma-cuma bagi produsen yang memiliki barang bagus dan dianggap mampu menghasilkan trafic bagi laman Blanja.com. “Inilah yang kami wujudkan dalam bentuk corner spesifik asli Indonesia. Banyak UKM tak hanya perlu dididik, tapi juga didampingi sampai berbulan-bulan. Pada satu titik, kita harus membuat si penjual mandiri secara digital,” tutur Aulia Marinto.●

 

pasang iklan di sini