dokter keuangan
dokter keuangan
octa vaganza

Desainer Lenny Agustin Terpikat Lebah Sula

Lenny Agustin-Foto: Irvan Sjafari.

JAKARTA—Kabupaten Sula, terletak di bagian paling selatan dalam wilayah Provinsi Maluku Utara. Kabupaten ini punya komoditas unggulan yaitu, madu yang didapatkan dari lebah liar (bukan yang diternakan). Masyarakat Sula berburu lebah di  hutan di kawasan Gunung Bega, yang terletak di Desa Bega.

Tak mengherankan jika di Kabupaten Sula terdapat Taman Wansosa, dalam Bahasa Sula berarti lebah. Di sana terdapat instalansi patung lebah.  Lebah menjadi tema dalam motif batik Xoela. Desainer Lenny Agustin  jatuh hati padamotif lebah. Filosofi lebah menarik dirinya,menghasilkan sesuatu yang manis dengan bekerja keras dan bekerja sama.

Dalam fashion show di Jakarta Fashion Week 2019 Lenny bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Kepulauan Sula. Sebanyak 40 koleksi yang ia tampilkan menggunakan kain-kain koleksi Batik Xoela, yang merupakan karya 23 perajin batik di Sula yang dilatihnya membatik mulai dari dasar hingga mahir.  Xoela sendiri adalah brand yang sengaja dibuat untuk identitas produk kerajinan khas Kabupaten Sula

“Saya menampilkan hasil karya para perajin batik di Sula. Saya di sana selama tujuh bulan, melatih masyarakat di sana mulai yang dari remaja sampai bapak-bapak,” ujar Lenny pada acara Press Conference Agustin X Kabupaten Kepulauan Sula dalam acara Jakarta Fashion Week 2019 yang diadakan di Senayan City, Kamis, 25 Agustus 2018.

Lenny menterjemahkan lebah Sula ke dalam blus-blus berpotongan unik, rok-rok bervolume dan asimetris, jaket-jkaet longgar danterusan-yang dipadupandakan satu dengan yang lain. Warna yang dipilih dominan hitam, dilengkapi warna gelap lainnya, mulai dari biru donker, cokelat dan marun.

“Warna cerah seperti oranye, biru, hijau, pink dan ungu tetap dihadirkan mewakili alam dan lingkungan hidup lebah. Sedangkan untuk mempertegas tema,koleksi-koleksiini juga dihiasi detail, aplikasi maupun aksesori yang berbuat dari sulaman, rajutan, fril dari potongan bahan neoprene,motif-motif lebah dari potongan kain, sayap-sayapan atau sarang dari kulit sintetis, bahkan bentukan akrilik yang dilazer cut,” tutur Lenny (Irvan Sjafari).