hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza

Buka Peluang Pasar, Kemendag Kembangkan Ekspor Produk Kreatif dan Digital

Peluang, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong, pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia secara berkesinambungan. Hal tersebut mengingat semakin terbukanya peluang pasar produk kreatif dan digital di dunia.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga saat melakukan dialog dengan para pelaku ekonomi kreatif Kota Malang yang berlangsung di Malang Creative Center (MCC), Jawa Timur, Kamis (9/3/2023) kemarin.

“MCC menjadi tempat yang tepat sebagai pusat aktivitas setiap para pelaku industri kreatif. MCC sangat mendukung pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dengan segala fasilitas penunjang yang disediakan,” ujar Jerry.

Lebih lanjut Wamendag menjelaskan, dalam rangka meningkatkan ekspor produk kreatif, Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional memiliki program pendampingan pengembangan produk kreatif berorientasi produk.

“Tahun ini, fokus pengembangan produk kreatif diarahkan ke produk kriya seperti fesyen, animasi, komik, dan gim (AGC), serta jasa ritel yang digandrungi oleh pasar milenial di pasar domestik maupun global,” tutur Jerry.

Dalam sektor ACG, menurut dia, kekayaan intelektual merupakan salah satu kategori ekspor berupa ekspor atas hak paten karakter atau produknya. (alb)

pasang iklan di sini