Zulkifli Hasan Dorong Produk UMKM Batik dan Anyaman Tembus Pasar Global

Zulkifli Hasan Dorong Produk UMKM Batik dan Anyaman Tembus Pasar Global/Dok. Kemendag

Peluang News, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan kembali menyampaikan, pihaknya mendorong agar para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat menjajaki pasar ekspor dan menembus pasar global.

Hal ini dikarenakan, menurutnya, produk Indonesia memiliki mutu dan kualitas yang bagus dan tak kalah siang sehingga mampu bersaing di mata dunia.

“Kita sudah melihat bahwa produknya ini bagus-bagus, kualitasnya pun tidak kalah dengan produk manapun. Jadi sekarang tinggal bagaimana produk UMKM ini bisa mempunyai ciri khas, berkualitas, dan mutunya bagus agar bisa mendunia,” kata Zulkifli Hasan saat berdialog bersama dengan para pelaku UMKM di Sentra Batik Banten Mukarnas, Kota Serang, Banten, Kamis, (6/6/2024).

Pria yang akrab disapa Zulhas ini menjelaskan, terdapat berbagai upaya yang dilakukan oleh UMKM, salah satunya yaitu para pelaku UMKM dapat berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia yang akan dilaksanakan pada 9 hingga 12 Oktober 2024.
Dalam acara yang rencananya digelar di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, itu nantinya akan dihadiri oleh 180 buyer baru dari berbagai negara, yang di antaranya yaitu negara-negara dari Afrika, Asia Selatan, seperti India, Pakistan, dan Timur Tengah.
Apalagi, kata Zulhas, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga memiliki perwakilan perdagangan di luar negeri seperti Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) dan Atase Perdagangan (Atdag) yang selalu siap membantu pelaku UMKM memasarkan produk di pasar global.

“Yang salah satunya diberikan melalui penjajakan bisnis atau business matching untuk mempertemukan para pelaku UMKM dengan buyer potensial,” ucap Zulhas.
“Kita juga ada ITPC dan Atase Perdagangan di berbagai negara. Melalui fasilitasi perwakilan dagang, produk Indonesia bisa dipasarkan. Pasti banyak peminatnya,” sambungnya.
Selain itu, Ketua Umum PAN itu juga menekankan agar seluruh pihak dapat meningkatkan berbagai bentuk kolaborasi dan kerja untuk terus mempromosikan produk-produk nusantara.

“Tujuannya ya agar produk-produk Indonesia ini tidak hanya dikenal di dalam negeri, tapi juga di mancanegara. Tentu ini perlu kerja keras dan kerja sama dari semua pihak, baik pemerintah pusat maupun daerah,” ujar Zulhas.

“Dalam hal ini pun UMKM ikut andil untuk terus mempromosikan dan menjual produk-produknya sehingga produk Indonesia dapat dikenal di dalam negeri dan juga mancanegara. Jadi memang perlu usaha bersama dan perlu kerja keras kita agar sekali lagi produk-produk kita ini bisa mendunia,” tambahnya.

Exit mobile version