CIMAHI-–Bergelar magister teknik industri dari Institut Teknologi Bandung tidak membuat Howardi Tjandrasa jatuh gengsi menjadi pengusaha kerajinan, yang lebih banyak dilakukan pendidikan lebih rendah. Keputusan Howardi untuk menjadi perajin kayu…
Wirausaha
Pelaku Kerajinan Ukiran Kayu Pulau Betung Bertahan Demi Melestarikan Budaya
BATANG HARI—-Jangte masih ingat benar sebelum 1990, pengrajin ukiran kayu di Desa Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi mencapai lebih dari seribu orang. Namun kini jumlahnya hanya sekitar lima…
Kerajinan Kulit Garut Masih Andalkan Kunjungan Wisatawan
JAKARTA—-Kabupaten Garut tidak hanya kondang dengan dodol, tetapi juga kerajinan berbahan dasar kulit. Kerajinan ini telah berkembang sejak tahun 1920-an. Ketersedian bahan dari kulit domba yang banyak terdapat di Garut…
Produk Minuman Herbal dari Kendal Ini Terinspirasi dari Hadist Nabi
JAKARTA—Sejak kecil Muhammad Al Furqon berada dalam lingkungan religius. Ajaran agama memberikannya inspirasi untuk berwirausaha. Dengan Brand Herba 3 Sehat, Furqon memproduksi minuman herbal. Dinamakan tiga sehat, karena Hadist Nabi…
Mantan Sopir Angkot Ini Jadi Pengusaha Kerajinan Kaleng Bekas
JAKARTA-—Inspirasi kadang muncul tanpa sengaja. Hal ini dialami Kusnodin, 55 tahun seorang pria yang tinggal di Magelang, Jawa Tengah. Hingga 1987 Kusnodin hanya seorang sopir angkot. Suatu ketika kotak peralatan…
Kepak Garuda Sumedang di Kampung Alumunium
SUMEDANG—–Upaya Pemerintah Kabupaten Sumedang menciptakan lima ribu UMKM mendapatkan animo besar dari kaum muda. Pendirian kampung alumunium dan baja ringan di Sukamenak, sebagai salah satu dari program one village one…
Perajin Perhiasan Perak Bali Butuh Pemasaran Daring
JAKARTA—Ratusan item perhiasan perak, alpaka (campuran nikel dan tembaga) dan emas tampak mencolok di stand liki Kabupaten Badung, Bali dalam Expo Otonomi Daerah 2019 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh…
Meluaskan Jaringan Pemasaran
Indomie mengeluarkan Rp723 miliar untuk belanja iklan, Mie sedap mengucurkan Rp571,2 miliar, bahkan produk cairan pembersih seperti Vanish membelanjakan Rp338,9 miliar. Itu cara mahal untuk memantapkan brand di memori konsumen….
Bekraf Dorong Pelaku “Startup” Lebih Tajam Lihat Peluang
JAKARTA-— Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf meminta orang kreatif yang ingin jadi pelaku usaha rintisan atau startup mengasah ketajamannya melihat masalah dan peluang di tengah masyarakat. “Dari ketajaman…