octa vaganza

UKM Fashion Surabaya Ini Buat Inovasi Kaos “Jaga Jarak”

SURABAYA—Pandemi Covid-19 beirmbas pada merosotnya omzet dari para pelaku UMKM. Untuk mengatasi sambil menanti hasil dari kebijakan pemerintah, sejumlah pelaku UMKM membuat inovasi agar bisa bertahan.

Inovasi  yang patut jadi inspirasi dilakukan pemilik gerai custom kaos Viqui di Cito Mall Surabaya, Hadi Reksa. Bersama istrinya, ia membuat kaos tematik bertema Physical Distancing, Social Distancing dan tentang keharusan Jaga Jarak.

“Hal ini kami lakukan karena  tidak ada pembeli satupun di gerai. Jangankan beli, orang lewat pun sangat sedikit,” ujar Hadi.

Tutur Hadi, tidak hanya pasar offline, jalur daring pun mengalami kelesuan yang serupa. Penyebabnya daya beli masyarakat untuk barang fashion sangat menurun akibat penerapan kebijkan Work from Home.

“Orang lebih mementingkan membeli kebutuhan pokok, masker dan Hand Sanitizer,” imbuh dia.

Sampai akhir Maret, kondisi itu tak juga berubah. Baru pada awal April, angin segar berhembus. Seorang teman melalukan pemesanan kaos tema social distancing.

“Saya berpikir ini peluang bagus, sekalian membantu mengkampanyekan program pemerintah tentang kewajiban menjaga jarak saat pandemi corona,” kata Hadi seperti dilsnir Berita Jatim.

Pada awalnya Hadi mendesain sekitar 10 tema yang ia buat. Satu di antaranya yang paling laku keras adalah quote “Jaga Jarak Tapi Jangan Terlalu Jauh, Nanti Aku Kangen.

Berkat ide segar itu, kaos produksi Hadi bahkan sudah dipesan pembeli dari hampir seluruh kota di pulau Jawa, Samarinda, Makasar, Balikpapan, Papua hingga Malaysia. Kaos tersebut juga dipakai sejumlah influencer, model Arif Bungsu, management model, fashion designer Alben Ayub Andal dan Dibya Hody.

“Ada pemesan juga dari alumnus Kedokteran Unair (Universitas Airlangga) angkatan 95. Jumlahnya lumayan banyak dan terus bertambah setiap hari,” ujar dia.

Setidaknya dari pembeli daring Hadi bisa mengerjakan puluhan kaos pesan moral setiap harinya. Beberapa kutipan baru yang menggelitik mulai ia konsep. Misalnya saja , Jaga Jarak itu Berat, Tapi Kita Pasti Kuat

Bahkan upaya lain seperti kerja sama dengan salah satu pembeli dari kalangan dokter, juga dilakukan. Hadi kini mengembangkan program sosial donasi satu masker untuk setiap pembelian satu kaos di gerainya. “

Setiap satu kaos yang Anda beli, kami akan sisihkan 5 ribu rupiah untuk pembelian masker kain yang akan kita bagiakan ke masyarakat kurang mampu yang terdampak corona,” pungkasnya

Exit mobile version