Peluangnews, Jakarta – Sebagai salah satu program yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital, terutama pasca-pandemi, Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia telah berhasil mendorong lebih dari 13 juta pelaku usaha lokal untuk onboard di platform e- commerce sejak peluncurannya pada 14 Mei 2020.
Memasuki tahun keempat keberadaannya, Gernas akan menggelar Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa, pada 8-9 Juli 2023 di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno, Jakarta. Banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk mendorong tumbuhnya capaian ekonomi digital Indonesia.
Di era sekarang ini, ekonomi digital Indonesia menjanjikan pertumbuhan yang sangat besar di masa mendatang. Pada 2027, peningkatan nilai ekonomi digital nasional berpotensi menembus lebih dari Rp 3.000 triliun. Capaian tersebut tentu tidak serta merta tercapai tanpa adanya inovasi dan kreativitas lainnya dalam mengembangkan semua potensi di industri digital Indonesia.
“Kami mendorong pelaku UMKM, produsen produk lokal dan artisan untuk onboard ke platform e-commerce hanyalah satu langkah. Masih banyak langkah yang bisa diinisiasi dan diwujudkan untuk bisa meraih hasil yang jauh lebih besar lagi. Festival ini digelar juga untuk mendorong minat dan daya beli masyarakat pada produk lokal,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Odo Manuhutu.
Tak hanya produk lokal, menurut dia, pesta Anak Bangsa juga menjadi corong mengenal lebih dalam segala sesuatu tentang Indonesia termasuk budaya, kuliner, bahkan potensi pertumbuhan game online buatan anak bangsa. Tentu tidak seperti gelaran festival pada umumnya, Pesta Anak Bangsa benar-benar mendorong kebanggaan masyarakat dan konsumen pada produk buatan Indonesia.
Digelar di kawasan terbuka di tengah Jakarta, Pesta Anak Bangsa menyasar peserta dari semua level usia dan status, Menargetkan 50 ribu pengunjung setiap harinya, beragam kegiatan disiapkan guna memenuhi semua kebutuhan pengunjung. Sebut saja fesyen, kerajinan tangan, sampai makanan enak yang berjejer di area kuliner.
Pengunjung tentu diharapkan dapat turut berbelanja dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi pelaku usaha lokal dan membangun kebanggaan atas produk Indonesia. Untuk itu, ada banyak diskon dan promo dari pelaku usaha dan perbankan yang akan membuat semua harga kian terjangkau. (alb)