octa vaganza

Tokopedia Dukung Digitaliasi Pelaku Usaha Warung

JAKARTA—-Tokopedia  bersama Mitra Tokopedia  untuk mendukung pelaku warung tradisional untuk bertransformasi digital.

Ekosistem Mitra Tokopedia berupaya mempermudah pegiat usaha, pemilik warung, toko kelontong, dan usaha sejenis untuk mengembangkan usaha mereka di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia Astri Wahyuni menyampaikan bahwa Tokopedia percaya kunci menghadapi pandemi adalah dengan kolaborasi.

Tokopedia berkolaborasi dengan Kementrian Koperasi dan UKM RI untuk memperkuat digitalisasi warung melalui penandatanganan kerja sama. Tokopedia berperan memberikan info terkait cara masuk dan memasarkan produk lewat Mitra Tokopedia.

“Kami juga membantu dalam branding, dan cara mendaftarkan Nomor Induk Usaha (NIB) yang bisa diakses di aplikasi Tokopedia,” kata Astri dalam acara virtual Tokopedia yang bertajuk Rayakan Hari Jadi ke-3, Mitra Tokopedia Gencarkan Digitalisasi Warung di Indonesia, Selasa (2/11/21).

Sementara Menteri Koperasi dan UKM RI  Teten Masduki mengatakan bahwa pelaku Unit Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk di dalamnya warung sangat berpotensi untuk memberikan dampak signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Kemenkop mendukung percepatan teknologi digital para UMKM melalui kolaborasi dengan berbagai stakeholder, salah satunya Tokopedia.

Teten berharap dengan kolaborasi ini dapat meningkatkan literasi digital dan para pemilik warung yang tergabung dalam ekosistem Mitra Tokopedia.

“Besar sekali peranan platform digital dan pelaku UMKM untuk keberlangsungan perekonomian Indonesia, terutama untuk bisa bertahan dan bangkit di tengah pandemi,” tutur Teten.

,AVP of New Retail Tokopedia John Hadiwijaya menjelaskan manfaat yang sudah dihadirkan Mitra Tokopedia kepada pegiat usaha warung.

Menurut survei internal Tokopedia, sembilan dari 10 penjual mengalami peningkatan keuntungan mingguan, rata-rata lebih dari 50% setelah bergabung ke Mitra Tokopedia.

Selain itu, sekitar 80% penjual menjadikan Mitra Tokopedia sebagai usaha tambahan. Menurut John, mereka melakukan itu untuk membantu finansial selama pandemi. Tak hanya itu, 60% dari penjual juga bisa menikmati kenyamanan fitur Grosir di Mitra Tokopedia.

“Adanya Mitra Tokopedia tak hanya memberikan manfaat kepada pegiat usaha, namun juga kepada masyarakat luas. Saat ini, mereka bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, bahkan dengan harga yang lebih terjangkau,” ucap John.

Masyarakat bisa mendapatkan produk sembako melalui mitra penjual yang memanfaatkan fitur Grosir Mitra Tokopedia. Selain itu, mereka juga bisa melakukan pembayaran daring  di warung terdekat yang masuk ke Mitra Tokopedia.

Masyarakat dapat melakukan berbagai pembayaran, mulai dari pajak, pembayaran listrik, BPJS, PDAM, dan masih banyak lagi melalui warung yang terdaftar dalam Mitra Tokopedia. Tingginya antusiasme dari masyarakat membuat banyak pegiat warung bisa mengembangkan usaha mereka.

“Tokopedia pun memiliki Sobat Mitra, yaitu representatif dari Tokopedia yang memiliki tugas untuk membantu, membina, memberikan informasi dan solusi kendala kepada para penjual di Mitra Tokopedia,” pungkasnya,

Exit mobile version