hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza
UMKM  

Tingkatkan Daya Saing Pasar, Kemendag Dorong UMKM Palu Masuk Platform Digital

Peluangnews, Palu – Seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan media sosial dalam memaksimalkan potensi ekonomi pasar dalam negeri, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mendorong para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Palu untuk meningkatkan transaksi jual beli dengan memanfaatkan platform digital. 

”Kami terus gencar mendorong UMKM untuk melakukan pemasaran secara digital. Selain itu, kami juga siap memberikan pembinaan secara berkelanjutan kepada UMKM, khususnya UMKM di kota Palu ini.” kata Wamendag Jerry dalam keterangannya, Senin (29/5/2023).

Wamendag menambahkan, transaksi jual beli melalui platform lokapasar (marketplace) kini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Demi mendukung pengembangan dan peningkatan daya saing UMKM dengan pengembangan empat pilar sebagai sebuah ekosistem, Kementerian Perdagangan juga mendukung UMKM mendapatkan tempat di lokapasar dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada UMKM.

Keempat pilar tersebut adalah keberadaan UMKM, lokapasar (marketplace), ritel modern, dan perbankan. Pada 2022, Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 5,31 persen dan surplus perdagangan mencapai USD 54,46 miliar.

Selain itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga memiliki program pengembangan keterampilan UMKM, pelatihan pengembangan desain kemasan, pelatihan ekspor bagi UMKM yang akan memasarkan produknya ke mancanegara, dan perwakilan dagang di 46 negara yang dapat membantu mempromosikan produk UMKM potensi ekspor.

“Tugas pemerintah mendukung UMKM maju dan berkembang. UMKM Maju, Indonesia Maju,” pungkas Wamendg Jerry. (alb)

pasang iklan di sini